Dua Puskesmas Ramah Disabilitas Jadi Pilot Project

oleh -
PUSKESMAS - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq meninjau Puskesmas untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

KAJEN – Dalam menunjang pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas, Pemkab Pekalongan telah menjadikan dua Puskesmas ramah disabilitas. Dua Puskesmas tersebut dilengkapi dengan sarana prasana penyandang disabilitas.

Dua Puskesmas ramah disabilitas yang menjadi pilot Project adalah Puskesmas Kedungwuni dan Puskesmas Karanganyar.

Wakil Bupati Pekalongan, H Riswadi, saat sidang Paripurna DPRD menyampaikan, untuk menunjang pelayanan gratis bagi masyarakat telah dilakukan pembenahan sarana prasana. Kemudian ada pelayanan bagi penyandang disabilitas.

“Peningkatan kualitas serta akses badan kesehatan khususnya bagi penyandang disabilitas dilakukan antara lain dengan membangun sarana pelayanan kesehatan baik di tingkat primer maupun lanjutan. Sedangkan untuk pelayanan disabilitas saat ini telah ditunjuk Puskesmas ramah disabilitas, sebagai pilot Project yaitu Puskesmas Kedungwuni dan Puskesmas Karanganyar,” katanya.

Selain dua Puskesmas sebagai pilot project, juga kedepan akan diterapkan pada semua pelayanan kesehatan.
“Kedepan semua fase layanan dengan sarana dan prasarana ramah disabilitas,” lanjutnya.

Dijelaskan, Pemkab memiliki program unggulan dalam pembangunan di Kabupaten Pekalongan yakni bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Di awal tahun 2022, semua program ini sudah dijalankan dan masyarakat pun sudah bisa menikmatinya. Maka dari itu, ditahun 2023 untuk mendukung program tersebut nantinya tetap diutamakan.(yon)