Jelang Maulid di Kanzus Sholawat, Pemesanan Kamar Hotel Capai 80%

oleh -
MAULID - Puncak acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gedung Kanzus Sholawat Kota Pekalongan pada 14 November 2021.

KOTA – Rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang rutin diselenggarakan Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya di Kanzus Sholawat Kota Pekalongan senantiasa membawa dampak positif bagi segala sektor ekonomi di kota batik.

Tak terkecuali adalah perhotelan. Setiap kali ada acara Maulidurrosul yang digelar di Kanzus Sholawat, tingkat okupansi hotel-hotel di Kota Pekalongan selalu meningkat drastis. Bahkan, seringkali kamar hotel sudah habis dipesan sejak seminggu sebelum puncak acara Maulid. Hal ini lantaran banyak tamu-tamu dari luar kota, bahkan dari luar negeri yang berdatangan ke Kota Pekalongan, demi bisa mengikuti rangkaian peringatan Maulidurrosul di Kanzus Sholawat.

Hal yang sama juga terjadi sejak sekitar satu bulan menjelang rangkaian acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah di Kanzus Sholawat yang akan dihelat pada 28-30 Oktober 2022 mendatang.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Pekalongan, Trias Wahyu Aditya, mengungkapkan bahwa tingkat pemesanan kamar hotel di Kota Pekalongan untuk tanggal tersebut sudah mencapai sekitar 80 persen.

“Kalau yang sudah-sudah, biasanya kalau ada acara di Abah (Habib Luthfi) itu kan selalu ramai. Alhamdulillah okupansi selalu tinggi. Memang saat ini bookingan kamar hotel di tanggal pelaksanaan maulid belum mencapai 100 persen full, masih sekitar 80 persen. Tetapi biasanya, nanti ketika sudah dua minggu atau satu minggu menjelang acara, reservasi akan pada masuk. Bisa dipastikan sampai seratus persen,” kata Trias, kemarin.

Trias menyampaikan, bisa dipastikan bahwa mereka yang sudah memesan kamar hotel di tanggal antara 28 sampai 30 Oktober tadi adalah tamu-tamu yang akan menghadiri rangkaian peringatan Maulidurrosul di Kanzus Sholawat.