Tiga ODGJ Dipasung Puluhan Tahun

oleh -
PASUNG - Dinas Sosial bersama Kemensos melepaskan tiga ODGJ yang dipasung untuk dibawa ke RSJ Magelang.

**Dibebaskan Langsung Dikirim ke RSJ

KAJEN – Tiga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Pekalongan dipasung hingga puluhan tahun. Jumat (30/09/2022), ketiganya dibebaskan untuk selanjutnya dikirim ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof dr Soerojo Magelang untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan.

Pembebasan tiga ODGJ oleh Dinas Sosial bersama Kemensos RI melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung adalah dua warga Desa Sabarwangi Kecamatan Kajen dan satu orang warga Desa Pododadi Kecamatan Karanganyar.

Pantauan Radar, orang gila pertama yang dilakukan Haryanto (24) dan Nur Idayati (34) warga Desa Sabarwangi, Kecamatan Kajen. Kemudian Slamet (34) warga Desa Pododadi, Kecamatan Karanganyar.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan Yudhi Himawan mengatakan, di Kabupaten Pekalongan ada 5 ODGJ yang dipasung oleh pihak keluarga.

“Dinsos Kabupaten Pekalongan lalu Kemensos RI melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung, melakukan pelepasan pasung. Untuk kasus pasung sendiri di Kabupaten Pekalongan ada lima kasus. Hari ini (Jumat), pelepasan tiga kasus. Yakni dua di Desa Sabarwangi, Kecamatan Kajen dan satu di Desa Pododadi, Kecamatan Karanganyar,” katanya.

Adapun tujuan dari pelepasan pasung ini adalah untuk rehabilitasi. Mereka dipasung juga karena ada sebabnya.

“Rata-rata sudah lebih dari 10 tahun dilakukan pemasungan oleh keluarga. Mereka itu penyandang disabilitas mental, jadi kalau dilepas takut ada hal-hal yang mengganggu lingkungan.”

“Jadi keluarga memutuskan untuk dipasung. Hari ini kita lepas, dan kami bawa mereka untuk rehabilitasi,” ujarnya.
Setelah dilakukan pelepasan, ODGJ ini dibawa ke RSJ untuk penanganan, di antaranya treatment khusus.

“Kalau menurut SOP-nya, bisa dikembalikan ke keluarga, bisa ke panti, nanti lihat dulu diagnosisnya seperti apa dan progressnya.”