Babinsa Diajak Sosialisasikan Cinta Bangga dan Paham Rupiah hingga Pelosok Desa

oleh -
Kepala KPw BI Tegal, M Taufik Amrozy saat mensosialisasikan CBP ke Babinsa Kodim 0712 Tegal di Hotel Santika. Novia Rachmawati

KOTA – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tegal menggandeng Babinsa di wilayah Kodim 0712 Tegal untuk mensosialisasikan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah. Hal ini diharapkan agar masyarakat hingga pelosok desa mampu mencintai dan menjaga rupiah. Sehingga akan menekan biaya pencetakan rupiah yang dikeluarkan negara.

Hal ini seperti disampikan Kepala KPw Bank Indonesia Tegal, M Taufik Amrozy saat menggelar sosialisasi CBP di Hotel Santika Pekalongan, Sabtu malam (1/10/2022). Sosialisasi ini turut diikuti oleh 41 Babisa yang bertugas di wilayah Kodim 0712 Tegal.

“Dengan sosialisasi ini kami harap Bhabinsa dapat mensosialisasikan CBP rupiah hingga ke desa-desa. Supaya masyarakat pelosok memahami rupiah ini, bangga dan cinta. Harapannya masyarakat meperlakukan rupiah agar aweet agar tidak mudah rusak. Karena biaya mencetak uang juga mahal, sehingga jika kita bisa menjaga rupiah, maka akan meminimlakan biaya yang dikeluarkan negara,” ujar Taufik.

Dikatakannya, selain pencegahan melalui perawatan rupiah dengan baik, Bank Indonesia juga sudah melakukan upaya preventif. Dimana beberapa fitur keamanan sudah ditambahkan pada uang kertas baru tahun emisi 2022. Seperti dengan desain yang lebih warna-warni dan tajam, fitur keamanan yang lebih canggih, dan ketahanan uang yang lebih baik.

“Fitur ini diharapkan dapat menghindari tindak pemalsuan uang. Selain itu kami juga sosialisasi uang peringatan kemerdekaan 75 RI sebagai alat pembayaran yang sah. Sehingga dapat digunakan dalam transaksi sehari-hari,” imbuhnya.

Dandim 0712 Tegal, Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh, mengapresiasi kerja sama pihaknya dengan BI. Pihaknya melalui Babinsa siap membantu sosialisasi CBP hingga ke desa-desa.

“Babinsa sebagai ujung tombak terdepan satuan kewilayahan Kodim 0712 Tegal diberi sosialisasi agar mereka paham terlebih dulu. Sehingga dalam pelaksanaan hariannya mereka yang bersentuhan langsung ke masyarakat dapat mensosialisasikan pentingnya CBP rupiah,” tandasnya. (nov)