Innailaihi, Korban Meninggal Ricuh Aremania di Kanjuruhan Capai 127 Orang

oleh -
Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta saat berada di Mapolres Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Aparat kepolisian dari Polda Jawa Timur (Jatim) telah melakukan pendataan terkait jumlah korban meninggal dunia pasca laga derby Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober 2022 malam.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, bahwa ada sebanyak 127 orang korban meninggal dunia. Dua di antaranya adalah anggota kepolisian.

“Korban meninggal dunia sebanyak 127 orang. Dua di antaranya adalah anggota Polri. Sebanyak 34 orang meninggal di stadion dan lainnya di rumah sakit,” ujarnya pada Minggu, 2 Oktober 2022, seperti diberitakan ngopibareng.

Sementara itu, korban yang sedang mendapatkan perawatan medis sebanyak 180 orang. Nico mengatakan bahwa dari sekitar 40 ribu lebih suporter yang hadir di stadion tidak semuanya merangsek masuk ke dalam lapangan.

“Dari sekitar 40 ribu penonton yang hadir tidak semuanya anarkis. Hanya sebagian saja. Sekitar 3 ribuan yang turun ke lapangan,” katanya.

Untuk diketahui, bahwa laga derby Jatim antara tuan rumah Arema FC melawan Persebaya Surabaya dimenangkan oleh tim Bajul Ijo dengan skor 3-2. Kekalahan ini memicu kekecewaan sebagian suporter tuan rumah, yang kemudian turun ke lapangan Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Atas kejadian ini kami sangat menyesalkan dan turut prihatin dan berduka cita,” ujarnya.

Sebelumnya usai peluit panjang dibunyikan oleh wasit sebagai tanda berakhirnya laga antara Arema vs Persebaya, selang beberapa menit para supporter memasuki lapangan Stadion Kanjuruhan.

Para supporter yang masuk ke Lapangan Stadion Kanjuruhan coba dihalau oleh aparat keamanan dari gabungan TNI/Polri. Polisi menembakan gas air mata ke arah supporter sehingga membuat bentrok antara kedua belah pihak.

Akibat kericuhan ini banyak supporter yang mengalami sesak napas akibat terkena gas air mata. Hingga saat ini di kompleks Stadion Kanjuruhan banyak supporter Aremania yang masih belum sadarkan diri.

Laga pekan ke-11 antara tuan rumah Arema FC melawan Persebaya Surabaya digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober 2022. Mulai pukul 20.00 WIB tadi.

Dari pandangan mata ada beberapa korban dari pihak kepolisian maupun supporter Aremania yang meninggal dunia. Hingga saat ini proses evakuasi masih berlangsung. (ngopibareng)