Lima Inovasi Ditetapkan Jadi Calon Pemenang Krenova

oleh -
PRESENTASI - Salah satu peserta lomba Krenova saat melakukan presentasi di hadapan juri.

*Tahap Uji Publik

KOTA – Lima karya inovasi ditetapkan sebagai calon pemenang dalam Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) yang digelar Pemerintah Kota Pekalongan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Namun kelima karya tersebut masih harus melalui tahap uji publik mulai 15 September sampai 29 September 2022.

“Ini masih proses penetapan tahapan uji publik untuk memastikan bahwa hasil temuan atau kreativitas inovasi betul-betul murni hasil dari yang bersangkutan atau orang lain,” terang Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Cayekti Widigdo AP MSi saat dikonfirmasi Rabu (29/9/2022).

Cayekti mengungkapkan bahwa rangkaian seleksi lomba krenova ini cukup panjang yakni melalui wawancara, presentasi di depan juri dan akhirnya menjadi lima calon pemenang. “Dari 15 inovasi yang masuk kemudian mengerucut satu per satu gugur dan diambil lima terbaik. Selama dua pekan ini tengah tahap uji publik,” kata Cayekti.

Disebutkan Cayekti lima produk inovasi calon pemenang lomba Krenova Kota Pekalongan tahun ini yakni minyak aroma terapi untuk penyintas Covid-19 yang sudah diproduksi massal. Kedua, aplikasi edukasi berbasis kearifan lokal. Ketiga, sprei estrak jeruk nipis. Keempat, pembangkit listrik tenaga air inovasi untuk pesisir Kota Pekalongan. Kemudian kelima, lampu hias paralon plastik bekas untuk penanganan lingkungan.

“Lima calon pemenang ini sudah disampaikan melalui website Bappeda. Jika ada yang klaim dari program ini dan terbukti tidak orisinal selama uji publik dinyatakan gugur,” jelas Cayekti.

Dikatakan Cayekti untuk rencana pengumuman hasil lomba Krenova ini yakni Oktober minggu pertama. “Dari 5 (lima) pemenang ini, juara 1-3 akan diikutkan untuk mewakili Kota Pekalongan beserta 2 (dua) pemenang Krenova tahun 2021. Semoga Kota Pekalongan mendapatkan hasil terbaik di tingkat Provinsi,” pungkasnya.(nul)