Hindari Investasi Bodong, MES Edukasi Investasi

oleh -
EDUKASI - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kendal menggelar Sekolah Pasar Modal Syariah, Kamis (29/9/2022) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

KENDAL – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Kendal menggelar Sekolah Pasar Modal Syariah, Kamis (29/9/2022) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal. Program ini merupakan pengenalaan pasar modal untuk peningkatan literasi keuangan bagi masyarakat secara umum.

Kegiatan hasil kerjasama dari MES dengan Bursa Efek Indonesia (IDX) ini dibuka oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kendal, M Nasyih Syarifudin selaku Ketua Dewan Pakar MES.
“MES Kendal bekerjasama dengan BEI, menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal Syariah 2022 agar masyarakat kendal khususnya bisa melek tentang investasi,” tutur Ketua PD MES Kendal, M Irkham Fuhrudin.

Menurut Irkham, literasi keuangan ini perlu diberikan guna menghindar dari berbagai modus investasi bodong yang masih marak. “Selain itu juga mengarahkan agar masyarakat bisa berinvestasi di instrumen yang syariah. Agar bisa memberikan keselamatan dalam berinvestasi,” terangnya.

Untuk memeriahkan SPMS, juga digelar Festival Kuliner Halal yang merupakan pertama di Kendal, menampilkan produk UMKM wajib bersertifikasi halal. MES Kendal mendorong UMKM Kendal harus memiliki produk sertifikat halal sebagaimana diamanahkan aturan perundangan yang ada.

“Saat ini MES Kendal sudah menyiapkan 4 orang PPH (Pendamping proses Produksi Halal) bersertifikat yang bisa membantu UMKM Kendal untuk mengajukan sertifikasi halal self declare. Dan tim ini siap membantu secara Gratis,” terang Irkham.

Kegiatan ini juga menghadirkan pembicara Dery Yustria, dari IDX Islamic dan Nico Pracahya (trainer of Phintraco Sekuritas). Dalam pemaparannya Dery menyampaikan bahwa pasar keuangan Investasi bidang keuangan hanya di pasar modal syariah. Bedanya komoditasnya/bisnisnya dan caranya harus halal.