Bank Sampah Batara Dukung Penanganan Stunting Melalui Sedekah Sampah

oleh -
TIMBANG - Sampah hasil pemilahan ditimbang di Bank Sampah Batara. Hasil penjualan disimpan dalam tabungan dan sebagian akan digunakan untuk mendukung penanganan stunting.

KOTA – Kecamatan Pekalongan Barat melakukan inovasi dalam bidang penanganan sampah sekaligus untuk mendukung program Pemkot Pekalongan dalam penanganan tunting. Melalui program sedekah sampah, Bank Sampah Barat Tambah Rahat (Batara) milik Kecamatan Pekalongan Barat akan menyisihkan sebagian dari hasil bank sampah untuk membantu program percepatan penanganan stunting.

Ketua TP-PKK Kecamatan Pekalongan Barat, Tutut Estining Putri mengatakan, di beberapa kelurahan di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat sudah banyak terbentuk bank sampah. Namun sistem yang diterapkan adalah non profit karena tidak ada nasabah.

Sampah yang terkumpul dari bank sampah kelurahan akan dipilah dan ditimbang di Bank Sampah Batara kemudian dana hasil tersebut akan disimpan dalam bentuk tabungan. “Kita gunakan untuk kegiatan kemasyarakatan, dalam waktu dekat untuk penanganan penurunan stunting, donasi atau mungkin untuk bantu pada seluruh kegiatan yang berkaitan dengan penurunan stunting,” kata Tutut.

Dia mengungkapkan, jenis sampah yang banyak terkumpul di Bank Sampah Batara diantaranya botol plastik, kardus, koran, kaleng, botol kaca, alat-alat rumah tangga yang tidak terpakai seperti panci, magic com dan lainnya. Tutut berharap melalui kegiatan sedekah sampah, dari hal yang tidak punya nilai guna bisa dibalik menjadi sesuatu yang bernilai penting.(nul)