Berkas 283 Pendaftar Panwascam Segera Diverifikasi

oleh -
MENDAFTAR - Pengumpulan berkas pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilu 2024 berakhir, sebanyak 283 Orang yang mendaftar.

KENDAL – Pengumpulan berkas pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilu 2024 sudah berakhir. Tahap pemberkasan ini berlangsung 21 sampai 27 September 2022.

“Selasa, 27 September 2022 Pukul 17.00 WIB terakhir pengumpulan berkas pendaftaran Panwaslu Kecamatan. Total ada 283 pendaftar,” kata Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani, Kamis (29/9/2022).

Dari semua pendaftar didominasi laki-laki. Dari sebanyak 283 orang pendaftar, laki-laki 194 orang dan perempuan 89 orang.

“Saat proses pemberkasan ada satu pendaftar mencabut berkas pendaftaran. Kami akan segera melakukan verifikasi administrasi terlebih dulu, dan setelah lolos administrasi akan ada tes CAT (Computer Assisted Test) untuk selanjutnya nanti akan diambil enam orang untuk mengikuti tahapan berikutnya,” jelas Odilia.

Setelah melaksanakan tes CAT para peserta yang lolos akan melaksanakan tahapan tes wawancara untuk menentukan tiga besar yang lolos menjadi Panwascam. “Setelah wawancara nanti akan dipilih tiga besar untuk menjadi panwascam,” tukasnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan CAT pihaknya telah berkoordinasi dengan SMK Negeri Kendal yang direncanakan akan dijadikan tempat pelaksanaan CAT.
“Untuk tes CAT akan di gelar pada 14-16 Oktober 2022 mendatang. Kita baru mengajukan dan masih menunggu jawaban dari pihak sekolah,” ujarnya.

Jumlah pelamar terbanyak berasal dari Kecamatan Kangkung sebanyak 24 orang disusul Kecamatan Sukorejo sebanyak 21 orang. Sementara jumlah terendah berasal dari Kecamatan Limbangan dan Ringinarum masing-masing pelamar berjumlah 8 orang. “Antusiasme masyarakat Kendal untuk terlibat menjadi bagian dari pengawas Pemilu 2024 cukup bagus,” imbuhnya. (lid)