Kwarran Batang Dorong Gudep Aktif Berpramuka

oleh -
KURSUS - Para peserta saat mengisi Kursus Orientasi Singkat dan Karang Pamitran yang digelar Gerakan Pramuka Kwarran Batang.

BATANG – Pasca pandemi, Kwarran Batang berkomitmen untuk mendorong kegiatan kepramukaan di setiap gugus. Oleh karenanya, Kwarran Batang turut membekali Kambigus, perwakilan mabigus serta pembina dengan Kursus Orientasi Singkat dan Karang Pamitran, Selasa (27/9/2022).

Kursus ini digelar di Gedung Pramuka Batang dan akan ditutup dengan materi praktek di Objek Wisata Selopajang Blado. Kegiatan ini diikuti sekitar 81 peserta dari gugus depan (gudep) SD-SMA sederajat di Batang, serta Gudep Lapas Batang.

“Kegiatan ini murni swadaya dari masing-masing gudep. Sebagai bentuk komitmen kami untuk meningkatkan kompetensi dalam mendukung kegiatan kepramukaan di masing-masing gudep,” ujar Ketua Kwarran Batang, Nur Nasetia Nugroho saat diwawancarai di sela kegiatan.

Dijelaskannya, pihaknya menggandeng Kwarcab Batang sebagai pemateri kegiatan. Harapannya materi ini bisa diserap untuk membekali kegiatan kepramukaan di masing-masing Gudep.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Batang, Retno Dwi Irianto turut mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya berharap dengan kegiatan ini bisa semakin memacu kegiatan kepramukaan pasca pandemi.

Ia juga mengapresiasi Kwarran Batang yang sudah swadaya menggelar kegiatan ini, sehingga diharapkan bisa memacu 14 Kwarran lainnya.

“Pramuka sendiri merupakan organisasi pembentukan karakter. Oleh karenanya perlu dibangkitkan lagi kegiatannya hingga tingkat gudep. Sehingga harapannya kegiatan seperti ini bisa memacu kembali kepramukaan di sekolah. Dan saya harap Kwarran lain juga bisa menggelar kegiatan seperti ini,” pungkasnya. (nov)