Survei Simulasi Akreditasi RSUD Kajen dengan LARSDHP

oleh -
SURVEI - Direktur RSUD Kajen dr Imam Prasetyo diapit Ketua Dewan Pengawas RSUD Kajen Totok Budi M dan Ketua Akreditasi RSUD Kajen Dwi Harto saat sursim akreditasi dengan LARSDHP.

KAJEN – Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. RS menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.

Dalam memberikan pelayanan, rumah sakit harus memperhatikan mutu dan keselamatan pasien. Pemenuhan mutu pelayanan di rumah sakit dilakukan dengan dua cara, yaitu peningkatan mutu secara internal dan peningkatan mutu secara eksternal.

Peningkatan mutu internal (Internal Continous Quality Improvement) yaitu rumah sakit melakukan upaya peningkatan mutu secara berkala. Antara lain penetapan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi indikator mutu serta pelaporan insiden keselamatan pasien. Peningkatan mutu eksternal (External Continous Quality Improvement) merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit secara keseluruhan. Beberapa kegiatan yang termasuk peningkatan mutu eksternal adalah perizinan, sertifikasi, lisensi dan akreditasi. Rumah sakit melakukan peningkatan mutu internal dan eksternal secara berkesinambungan (continuous quality improvement).

Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit telah memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh pemerintah. Pada bulan Desember 2021, Kementerian Kesehatan mencatat 3.120 rumah sakit telah teregistrasi.
Sebanyak 2.482 atau 78,8% rumah sakit telah terakreditasi dan 638 rumah sakit atau 21,2% belum terakreditasi.

RSUD Kajen dalam memenuhi akreditasi telah melakukan berbagai upaya, baik pemenuhan dokumen maupun pemenuhan sarana dan prasarana sesuai dengan standar. Salah satu upaya dalam menuju penilaian akreditasi adalah dengan melakukan survei simulasi akreditasi, sesuai dengan Permenkes Nomor 12 Tahun 2020 tentang Akreditasi Rumah Sakit. Akreditasi dilaksanakan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang berasal dari dalam atau luar negeri. Untuk itu, RSUD Kajen mengajukan survei simulasi (sursim) akreditasi dengan Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARSDHP) sebagai lembaga independen yang melakukan sursim akreditasi.