Puskeswan Kembali Gelar Vaksinasi Rabies untuk Ratusan Hewan

oleh -
VAKSINASI - Pegawai Puskeswan Kertoharjo pada Dinperpa Kota Pekalongan sedang menyuntikkan vaksin rabies ke seekor kucing di hari pertama vaksinasi rabies gratis dalam rangka World Rabies Day 2021 di Puskeswan setempat, Selasa (28/9/2021).

KOTA – Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat kembali menggelar vaksinasi rabies secara massal dan gratis bagi hewan piaraan di Puskesmas Hewam (Puskeswan) setempat, mulai Rabu (28/9/2022) hingga Jumat (30/9/2022).

Dalam kegiatan ini, Puskeswan menyediakan 200 dosis vaksin rabies bagi hewan piaraan jenis anjing kucing, maupun kera milik warga Kota Pekalongan.

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Muadi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ilena Palupi menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day yang jatuh setiap tanggal 28 September.

Dia menjelaskan bahwa rabies merupakan jenis penyakit menular dari hewan ke manusia (zoonosis). Penyakit ini tergolong sangat berbahaya, karena orang yang terinfeksi rabies berisiko mengalami kematian. Risiko untuk tertular penyakit ini bisa dicegah melalui tindakan pemberian vaksinasi rabies. Sehingga, penting bagi para masyarakat untuk melakukan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan mereka. Selain penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, pemberian vaksin antirabies pada hewan akan memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan atau air liur hewan dengan rabies.

“Peringatan Hari Rabies Dunia atau World Rabies Day di Kota Pekalongan, Dinperpa biasa melaksanakan pada tanggal 28 September -30 September 2022 di Puskeswan Kertoharjo, ” ucap Ilena, saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (27/9/2022).