Pringsurat Ajukan Desa Wisata

oleh -
SENI BUDAYA - Sejumlah pemuda Desa Pringsurat, Kecamatan Kajen tengah pentas dalam sebuah acara dilingkungan sekitar.

Letak Geografis Desa Pringsurat Kecamatan Kajen berada di datang tinggi memiliki berbagai potensi wisata. Untuk itu pemerintah desa mengajukan sebagai Desa Wisata Seni Budaya.

Adapun potensi wisata yang ada diantaranya Wisata Alam Curug Sililin berada tak jauh dari pusat pemerintahan desa dengan ketinggian air terjun 6 sampai 8 meter. Sangkin santernya, memiliki kedalam sekitar 5 meter dengan pemandangan alam yang indah.

Kemudian area edukasi memiliki tanaman alam hasil bumi seperti Pohon Pucung (kluwek), Pohon Jengkol, Pohon Durian, Pohon Kopi, Pohon Pule, Pohon Bendo, pohon Pinus atau pohon alam yang bisa untuk pembelajaran anak. Selain itu ada area pertanian, Perikanan yang bisa langsung di nikmati langsung d tempat.

Selanjutnya ada kuliner alam dari tumis pakis sibedil, rebung Sililin, kripik Gading Candy, sambal Pucung Siluwek (kluwek), Kopi Baronsari, Wedang Teh Jeruk Segaran.

Tokoh masyarakat Desa Pringsurat Kecamatan Kajen, Suparto, Selasa (27/09/2022) menyampaikan bahwa untuk persiapan mengajukan sebagai Desa wisata telah dibuat logo dengan memiliki arti yang ada di desa.

“Selain ada kuliner, alam yang indah juga seni buda Sintren dan Kuda Lumping peninggalan nenek moyang yang perlu kita lestarikan, ” katanya.

Bahkan lanjut dia, Seni Budaya Sintren dan Kuda Lumping sudah banyak peminatnya, karena sering pentas dalam acara khitanan, atau acara budaya lainya seperti di TMII Jakarta. Melalui pengajuan sebagai desa wisata budaya diharapkan mampu melestarikan dan menjaga kelestarian alam.

“Bisa mengangkat desa supaya lebih berkembang, diperhatikan pemerintah daerah, sehingga warga desa bisa mengembangkan produk kuliner dan wisata budaya, ” harapnya. (Yon)