123 Orang Daftar Rekrutmen Panwascam

oleh -
Ketua Pokja Penerimaan Panwascam Bawaslu Kota Pekalongan, Bambang Sukkoco.

KOTA – Hingga penutupan pendaftaran calon Pengawasn Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024, Bawaslu menerima berkas pendaftaran dari 123 orang. Masing-masing dari Kecamatan Pekalongan Barat sebanyak 46 orang, dari Kecamatan Pekalongan Utara sebanyak 20 orang, dari Kecamatan Pekalongan Timur sebanyak 26 orang dan dari Kecamatan Pekalongan Selatan sebanyak 31 orang.

“Alhamdulillah hari ini terakhir pendaftaran untuk Panwascam ditutup pukul 17.00. Animo masyarakat luar biasa setelah sebelumnya kami umumkan secara luas melalui berbagai media dan kelurahan. Total ada 123 orang yang mendaftar baik ikut secara langsung maupun online melalui email,” ungkap Ketua Pokja Seleksi Penerimaan Panwascam Bawaslu Kota Pekalongan, Bambang Sukoco, Selasa (27/9/2022).

Melihat jumlah pendaftar di masing-masing kecamatan, Bambang menyatakan bahwa kuota minimal pendaftar sudah terpenuhi. Yakni dua kali kebutuhan per kecamatan. “Minimal harus ada dua kali kebutuhan. Yaitu per kecamatan 3 orang sehingga minimal ada 6 orang pendaftar per kecamatan dan ini semuanya sudah melebihi sehingga pendaftaran tidak diperpanjang. juga keterwakilan 30 persen perempuan terpenuhi di semua kecamatan,” tambahnya.

Setelah penutupan pendaftaran, selanjutnya Tim Pokja akan mengumumkan hasil pendaftaran. Kemudian akan dilakukan pemeriksaan dan penelitian data serta berkas administrasi para pelamar. “Berkas administrasi akan diteliti, mungkin dari umur, keabsahan ijazah dan syarat lainnya. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 12 Oktober 2022,” kata Bambang yang juga anggota Bawaslu Kota Pekalongan.

Setelah hasil seleksi administrasi diumumkan, selanjutnya akan dibuka tahapan masukan masyarakat. Dikatakan Bambang, masyarakat dapat menyampaikan masukan terhadap nama-nama yang nantinya diumumkan baik berkaitan dengan track record, keterlibatan di politik maupun masukan lainnya.

“Bagi nama yang dinyatakan lolos administrasi, selanjutnya akan mengikuti tes yang rencananya akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan pada 14 Oktober sampai 16 Oktober 2022. Hanya yang lolos seleksi administrasi yang akan mengikuti tahapan tes CAT,” tandasnya.(nul)