Hari Terakhir Pendaftaran Panwascam, Peserta Membludak

oleh -

KAJEN – Hari Selasa tanggal 27 September 2022 merupakan hari terakhir pendaftaran panwaslu kecamatan pada gelaran pemilu 2024. Animo masyarakat (peserta pendaftar) di detik-detik terakhir penutupan pendaftaran sangat besar dan antrianpun sampai membludak.

Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Nur Anis Kurlia saat diwawancarai tim humas di kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Jalan Mandurorejo, Kajen.

“Pada awal-awal pendaftaran dibuka, antusias masyarakat memang belum begitu terlihat, namun diakhir-akhir pendaftaran ditutup tadi, antrian sampai membludak,” kata Anis.

Meski pendaftaran panwaslu kecamatan membludak, pihaknya menyayangkan, masih ada dua kecamatan yang belum memenuhi kuota pendaftaran. Dua kecamatan dari 19 kecamatan yang belum memenuhi kuota tersebut adalah Kecamatan Lebakbarang dan Kecamatan Talun. Keduanya belum memenuhi syarat keterpenuhan 30% pendaftar perempuan.

“Khusus untuk dua kecamatan itu (Lebakbarang dan Talun), nantinya pendaftaran akan diperpanjang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, yakni pada tanggal 2-8 Oktober 2022,” ungkapnya.

Nur Anis Kurlia juga berharap, pada perpanjangan pendaftaran nanti, akan ada banyak masyarakat yang ikut mendaftar sebagai calon anggota panwascam. Semua masyarakat Kabupaten Pekalongan yang memenuhi persyaratan dapat berkesempatan untuk menjadi anggota panwascam pada gelaran pemilu serentak 2024 nanti.

“Kami berharap, dalam perpanjangan pendaftaran nanti, kuota Kecamatan Talun dan Lebakbarang dapat terpenuhi khususnya bagi pendaftar perempuan,” lanjutnya.

Berikut rekapitulasi pendaftaran panwaslu kecamatan untuk pemilu serentak 2024 sejak tanggal 21 September 2022 sampai dengan 27 September 2022, diperoleh data pendaftar sejumlah 332 orang, dengan rincian 234 pendaftar laki-laki dan 98 pendaftar perempuan.