Asuransi Jiwa dan Kesehatan Penting untuk Dimiliki, Ini Alasannya!

oleh -

Tentunya setiap orang akan selalu berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan diri dari hal-hal yang membahayakan, akan tetapi terkadang ada risiko tidak terduga yang bisa terjadi.

Karena itu, Anda perlu memiliki asuransi sebagai jaminan agar tidak terlalu terbebani secara finansial saat terjadi hal-hal di luar kendali kita. Salah satu produk asuransi adalah, asuransi jiwa.

Sebelum memiliki produk proteksi satu ini, tentu saja Anda harus lebih dulu memahami apa itu asuransi jiwa. Selain asuransi jiwa, tentu saja produk perlindungan lainnya yang penting dimiliki adalah asuransi kesehatan.

Salah satu asuransi kesehatan yang direkomendasikan yaitu asuransi kesehatan Sinar Mas. Buat lebih jelasnya mengenai asuransi jiwa dan polis asuransi kesehatan dari Sinar Mas, mari simak pemaparan berikut:

Asuransi Jiwa

Salah satu yang perlu Anda miliki adalah asuransi jiwa. Tahukah Anda Apa itu asuransi jiwa?

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan santunan tunai kepada keluarga atau ahli waris tertanggung, saat tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan, sakit, dan risiko lainnya yang tidak disengaja.

Polis asuransi jiwa ini sangat penting dimiliki, apalagi jika Anda adalah tulang punggung keluarga. Dengan adanya asuransi jiwa, Anda bisa memastikan orang-orang tercinta yang ditinggalkan tetap bisa melanjutkan hidup setelah tulang punggung keluarga meninggal, sehingga secara finansial kehidupan orang tercinta bisa terjamin.

Fungsi dan Manfaat Asuransi Jiwa

Secara umum, perlindungan asuransi jiwa ini mencakup resiko yang diakibatkan oleh hal-hal tidak disengaja, bukan akibat bunuh diri, narkoba, olahraga ekstrem, HIV/AIDS, vonis hukuman mati, kecurangan klaim dan lainnya.

Selain santunan meninggal dunia, manfaat asuransi jiwa juga meliputi santunan cacat tetap akibat musibah yang dialami tertanggung. Beberapa manfaat asuransi jiwa bisa Anda simak berikut ini:

1. Santunan meninggal dunia yang diberikan jika tertanggung meninggal dunia dengan nilai 100 persen bahkan lebih uang pertanggungan.

2. Santunan cacat tetap total yang membuat tertanggung tidak bisa bekerja, diberikan 100 persen uang pertanggungan.

3. Santunan cacat tetap sebagian, berlaku jika sebagian tubuh tertanggung tidak bisa berfungsi, seperti kelumpuhan kaki, maka tertanggung akan diberikan uang pertanggungan sesuai dengan kerugian yang dialami.

4. Santunan penyakit kritis yang diderita oleh tertanggung, asalkan penyakit kritis tersebut masuk dalam polis asuransi yang ditanggung perusahaan asuransi.

5. Asuransi jiwa juga bisa dimanfaatkan sebagai tabungan atau simpanan untuk hari tua.

6. Asuransi jiwa ini bebas pajak, sehingga uang pertanggungan yang diberikan kepada ahli waris tidak sebagai tujuan pajak.

7. Asuransi jiwa tidak hanya memberikan santunan kematian, tetapi juga menutup biaya pemakaman. Sehingga pihak keluarga tidak perlu terbebani dengan biaya pemakaman.

Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia

Asuransi jiwa memang merupakan salah satu produk proteksi yang penting. Karena itu Anda perlu tahu informasinya secara lengkap, termasuk jenis-jenis asuransi jiwa yang disediakan oleh perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, di antaranya:

• Asuransi jiwa berjangka

Asuransi ini berjangka untuk waktu 1 tahun, 5 tahun, dan maksimal 30 tahun dengan premi yang murah. Jika tertanggung meninggal saat polis masih aktif, maka uang pertanggungan akan diberikan ke ahli waris.

• Asuransi jiwa seumur hidup

Asuransi ini cocok untuk Anda yang memiliki rencana finansial jangka panjang, sehingga bisa diperpanjang sampi Anda berumur 100 tahun. Uang pertanggungan akan langsung diberikan ke ahli waris setelah tertanggung meninggal dunia.

• Asuransi jiwa unit link

Asuransi jiwa yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin sekaligus berinvestasi dengan jangka waktu 10 hingga 20 tahun. Uang pertanggungan beserta investasi akan diberikan ke ahli waris setelah tertanggung meninggal dunia.

• Asuransi jiwa dwiguna

Asuransi ini cocok untuk Anda yang memiliki rencana tabungan dana pendidikan dan lainnya, dengan jangka waktu sesuai ketentuan perusahaan, uang pertanggungan sekaligus tabungan akan diberikan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia.

Asuransi Kesehatan

Selain asuransi jiwa, ada juga asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pertanggungan pada biaya kesehatan, fasilitas kesehatan, termasuk biaya berobat. Dengan membayar premi secara rutin, Anda bisa mendapatkan hak atas jaminan pertanggungan biaya kesehatan.

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi kesehatan Sinar Mas menjadi salah satu pilihan terbaik yang memiliki 4 pilihan polis, di antaranya:

1. Simas Sehat Executive memberikan perlindungan yang optimal meliputi rawat inap, pembedahan, dan pemeriksaan laboratorium.

2. Simas Sehat Gold dikhususkan untuk individu yang dirawat di rumah sakit sepanjang tahun akibat sakit atau kecelakaan.

3. Simas Sehat Income, asuransi untuk rawat inap maksimal selama 365 hari per tahun.

4. Simas Sehat Corporate, jaminan biaya perawatan medis bagi karyawan beserta keluarganya.

Itulah beberapa penjelasan terkait asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang keduanya sangat penting untuk Anda miliki. Semoga bermanfaat!