PKM Unikal, Kenalkan Digital Library dan Literasi

oleh -

Universitas Pekalongan terus menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ke Pemerintahan Desa/ Kelurahan sekitar. Adapun kali ini dilaksanakan di Kelurahan Bandengan Kota Pekalongan.

PKM berjudul ‘Pengenalan Digital Library dan Digital Literasi serta Pembuatan Katalog Perpustakaan di Taman Baca Ceria Desa Bandengan-Kota Pekalongan’ dengan Tim Erwan Kustriyono, M.Pd, Ida Ayu Panuntun, M.Pd, dan Rizka Hayati, S.S.,M.Hum.

Adapun narasumber, Niken Maharani H, S.Hum, dengan peserta para Pustakawan Perpustakaan di Taman Baca Ceria Kelurahan Bandengan-Kota Pekalongan Tim dibantu narasumber untuk membedah informasi mengenai PKM.

Perwakilan Tim PKM Unikal, Ida Ayu Panuntun, M.Pd menyampaikan tujuan PKM adalah memberikan informasi tentang berbagai macam Digital Library yang ada di sekitar dan memberikan pengertian mengenai Digital Literasi. Kemudian melalui berbagai macam informasi berkaitan digital library dan digital literasi juga disertai dengan bentuk pelatihan langsung kepada para Pustakawan Kelurahan Bandengan.

Sebelumnya kondisi awal Perpustakaan Kelurahan Bandengan belum dapat membuat katalog perpustakaan. Selanjutnya melalui kegiatan tersebut para pustakawan dilatih untuk mampu membuat katalog Perpustakaan sendiri.

“Alhamdulilkah berjalan sesuai rencana dengan bukti adanya peningkatan kemampuan Pustakawan dalam memahami. Mampu menjelaskan mengenai digital library dan digital literasi, serta penguasaan kemampuan dalam pembuatan Katalog Perpustakaan, ” imbuhnya. (Yon)