Pemkab Dorong Desa Kembangkan Pontensi Wisata

oleh -
WISATA - Dinporapar Kabupaten Pekalongan tengah melakukan penilaian Desa Wisata Sidoharjo Kecamatan Doro.

KAJEN – Tiga tahun diterpa pandemi Covid-19, potensi wisata terpuruk. Guna membangkitkan perekonomian kerakyatan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pekalongan mendorong pemerintah desa menggali potensi wisata yang ada.

Salah satunya melalui pengelolaan potensi desa. Dengan pengelolaan yang baik, diharap mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Tak hanya itu, pemerintah juga mendorong pengembangan kerajinan UMK masyarakat, melalui penjualan hasil pertanian, perkebunan Dengan begitu diharap mampu menyerap tenaga kerja. Hal itu disampaikan Sekretaris Dinporapar Kabupaten Pekalongan, Ikhlas ketika ditemui, Senin (26/09/2022).

Diakui, Pandemi Covid 19 beberapa tahun membuat berbagai sektor terpuruk, termasuk sektor pariwisata terpuruk. Pasca Pandemi9 turun, beberapa bulan terakhir ini kondisi sudah mulai ada kelonggaran sehingga Pariwisata mulai menggeliat.

“Dinas Pariwisata mensuport pemerintah desa untuk menggali potensi wisata yang ada. Dengan begitu maka mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, “terangnya.

Dijelaskan, saat ini ada sekitar tujuh desa wisata. Bahkan, ada beberap desa yang masih dalam proses verifikasi. Diantaranya Desa Kauman Kecamatan Wiradesa dan Desa Sidoarjo Kecamatan Doro, dan Wisata Telogomangunan Desa Telogohendro Kecamatan Petungkriyono.