Jadi Jalur Pendidikan-Wisata, Simpang Tiga Tazakka Segera Diperlebar

oleh -
PERENCANAAN - Inilah gambar perencanaan untuk pelebaran simpang tiga Tazakka yang tidak lama lagi akan dikerjakan.

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang dalam waktu dekat akan melakukan pelebaran jalan pada simpang tiga Bandar Blado-Kambangan (Pondok Modern Tazzaka), di Kecamatan Bandar.

Hal itu dibenarkan Kabid Prasarana Jalan dan Jembatan DPUPR Kabupaten Batang, Endro Suryono. Ia mengatakan, bahwa pihaknya telah menganggarkan Rp200 juta untuk mengerjakan pelebaran itu.

“Saat ini sudah masuk pada proses finishing perencanaan, dan awal bulan Oktober baru akan masuk proses elektronik pengadaan langsung,” ujar Endro saat ditemui di kantornya, Senin (26/9/2022).

Menurutnya, pekerjaan fisik pelebaran jalan itu dapat mulai dilaksanakan pada 25 Oktober 2022 dan ditarget selesai pada 25 Desember 2022. “Akan kami lebarkan 10 meter. Kami akan lakukan pengeprasan bukit (tanah PM Tazzaka) yang mempunyai tinggi 2,8 meter itu,” terang Endro.

Lahan yang sudah dikepras itu, kata Endro, akan dibuat jalan dengan konstruksi rigid beton. Selain itu, juga akan ada pelebaran pada sebagian bahu jalan. Pihaknya juga akan menambahkan rambu lalu lintas.

“Pelebaran jalan ini merupakan permintaan dari warga. Sudah lama mereka minta pekerjaan ini, karena memang jalur tersebut sering terjadi kecelakaan. Oleh karena, mudah mudahan, setelah pekerjaan ini selesai, tidak ada lagi insiden kecelakaan,”