Dipromosikan di Lapak Ganjar, Kini Produknya Dipesan hingga Hongkong

oleh -
PRODUKSI - Pemilik Terasi Ove Mbak Siti, Siti Yaenah (42) saat memproduksi terasi oven di rumahnya.

**Melihat Usaha Terasi Rumahan yang Mulai Tembus Pasar Internasional

AROMA terasi menguar ketika Radar Pekalongan mengunjungi rumah produksi terasi oven Mbak Siti, di Jl Pemuda GG.Kerinci /30 RT 02 RW 04 Kauman Batang, Sabtu (10/9/2022). Di dapur bernuansa ungu inilah, biasanya Siti Yaenah (42) mengoven terasi mentah produksi keluarganya.

Pertama-tama, Siti mulai mengenakan sarung tangan plastik. Lalu ia memilah terasi mentah balok yang sudah dikemas dalam ukuran satu kilogram. Terasi itu masih dibungkus menggunakan kertas dan diikat menggunakan karet. Setelah dipotong menjadi beberapa bagian, terasi tersebut dipotong lebih kecil lagi menjadi seukuran ibu jari.

“Jadi ini terasinya original dari rumah produksi kami yang ada di Ujungnegoro Kandeman Batang. Masih tradisional dibungkus dengan kertas. Kalau zaman dulu sekali masih dibungkus dengan daun pisang. Kalau di rumah saya ini hanya tempat produksi terasi yang sudah saya olah jadi lebih modern,” tutur Siti sembari memotong terasi.

Kemudian terasi balok ukuran kecil mirip coklat sekali makan ini pun ditata di atas loyang. Sebelumnya loyang pun telah dilapisi aluminium foil sehingga terasi tak menempel saat dioven. Kemudian loyang yang sudah dipenuhi terasi ini pun dimasukkan ke oven kompor. Dimana setiap ovennya mampu memanggang dengan kapasitas tiga loyang.

“Sengaja pilih oven kompor. Karena kalau pakai oven listrik hanya muat sedikit dan memakan banyak listrik,” ujar perempuan berjilbab ini.

Oven kompornya pun disetel pada suhu sekitar 180-200 derajat. Biasanya terasi ini siap diangkat sesudah 40-45 menit. Setelah proses oven selesai dan diangin-anginkan sebentar, terasi oven ini pun siap dikemas.

Siti mengemas terasi ovennya menjadi beberapa kemasan, mulai dari 100 gram, 200 gram, 250 gram dan 500 gram. Rupanya tak hanya terasi oven, Siti juga mengolah terasi mentah tradisionalnya menjadi dua versi. Yakni terasi oven dan terasi bubuk.