Operasi Sikat Jaran Candi 2022, Polres Pekalongan Kota Ungkap 6 Kasus dan 9 Tersangka

oleh -
Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi secara simbolis menyerahkan barang bukti sepeda motor kepada pemiliknya, dalam ekspos hasil Operasi Sikat Jaran Candi 2022 di Mapolres Pekalongan, Senin (26/9/2022). Wahyu Hidayat

KOTA – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Pekalongan Kota berhasil mengungkap lima kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan satu kasus pencurian dengan pemberatan, serta menangkap sembilan tersangka selama Operasi Sikat Jaran Candi 2022.

Operasi ini digelar selama 20 hari, dari 25 Agustus sampai 13 September 2022. “Selama 20 hari tersebut ada enam kasus dan sembilan tersangka yang berhasil diungkap Polres Pekalongan Kota,” kata Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi melalui Kasubsi Penmas Seksi Humas Ipda Purno Utomo, Senin (26/9/2022).

Para tersangka dan barang bukti hasil ungkap Operasi Sikat Jaran Candi itu dihadirkan dalam konferensi pers secara terpusat hasil operasi se-Eks Polwil Pekalongan di Mapolres Pekalongan kemarin.

Ipda Purno membeberkan, keenam kasus curanmor yang diungkap itu rinciannya, pertama adalah kasus curanmor yang terjadi pada 24 Februari 2022 di halaman rumah Jl Jlamprang, Krapyak, Pekalongan Utara. Satu unit sepeda motor Honda Vario 125 tahub 2015 nopol G-6293-HM diambil pencuri. Dari penyelidikan yang dilakukan Satreskrim, akhirnya berhasil diungkap. Tersangka yakni HS, warga Panjang Baru, Pekalongan Utara. Polisi juga mengamankan barang bukti sepeda motor yang dicuri.

Kedua, kasus curanmor di Pringlangu Gg7 Pekalongan Barat, yang terjadi pada 8 Juli 2022. Pelaku mencuri sepeda motor Honda Scoopy nopol G-5475-NH. Akhirnya dari penyelidikan, Satreskrim berhasil mengamankan barang bukti dan mengangkap tersangka, yakni APP, warga Bendan Kergon, Pekalongan Barat.

Ketiga, kasus curanmor di Jl Ir Sutami, Kalibaros, Pekalongan Timur pada 11 Juni 2021. Pelaku mencuri sepeda motor Yamaha Mio J tahun 2013 nopol G-2264-CH. Kasus ini pun berhasil diungkap, dengan tersangka FA, warga Podosugih, Pekalongan Barat. Polisi juga berhasil mengamankan sepeda motor milik korban yang dicuri.

Keempat, kasus curanmor sepeda motor Suzuki Shogun nopol G-2880-C milik warga Krapyak Kidul pada 26 Maret 2022. Polisi berhasil mengamankan barang bukti dan menangkap empat tersangka, yakni Sp, Sm, AA, dan M.

Kelima, kasus curanmor sepeda motor Honda Beat nopol G-2235-JA yang terjadi di Kergon Pekalongan Barat pada 13 Juni 2022. Pelaku yang ditangkap yakni MT. Polisi juga mengamankan sepeda motor tersebut sebagai barang bukti.

Keenam, kasus pencurian dengan pemberatan di sebuah rumah di Perum Gamer Indah, Gamer, Pekalongan Timur. Pencuri mengambil satu unit sepeda Polygon Stratos dan tv Toshiba 32″ milik korban. Dari penyelidikan, polisi berhasil mengamankan tersangka berinisial BS, warga Krapyak Lor, Pekalongan Utara dan satu unit sepeda motor yang digunakan sarana melakukan pencurian itu.

Dijelaskan Kasi Humas, para tersangka menjalani penyidikan lebih lanjut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dalam waktu dekat kasus tersebut akan dilimpahkan ke Pengadilan untuk disidangkan.

Adapun barang bukti yang diamankan, secara bertahap diserahkan ke pemiliknya masing-masing. “Kami imbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati dalam menjaga barang berharganya, salah satunya sepeda motor,” imbaunya. (way)