Ribuan Petani Batang Bagikan Hasil Tani ke Masyarakat

oleh -
Para petani Batang saat merayakan Hari Tani Nasional di depan Masjid Agung Batang. Novia Rachmawati

*Petani Batang Siap Dukung Pasokan Bahan Pangan

BATANG – Ribuan Petani Batang melakukan long march dengan membawa arak-arakan hasil bumi ke Masjid Agung Batang, Senin (26/9/2022). Setelah didoakan dan secara simbolis diserahkan kepada Forkopimda Batang, hasil bumi tersebut pun dibagikan ke masyarakat.

Perwakilan Panitia, Gotama Bramanti menjelaskan, para petani sengaja menggelar kegiatan ini di Masjid. Pasalnya mereka berharap hasil panen mereka membawa berkah melalui doa-doa yang dipanjatkan oleh Takmir masjid dan juga ulama-ulama Batang.

“Hari ini kami kerahkan petani dari delapan organisasi tani lokal se Batang. Selain itu aksi ini juga diikuti oleh Omah Tani, SPN, Kampung Hijrah dan Gerbang Tani. Kami memang sengaja menggelar kegiatan ini di masjid, karena ini jadi ciri khas kami. Karena kami ingin menjaga identitas sebagai masyarakat yang agamis, meski adanya KIT Batang,” ujarnya.

Pihaknya saat ini juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait agar tidak adanya dampak pengurangan lahan pertanian dengan hadirnya KIT Batang. Para petani juga siap berkolaborasi dengan Pemda, khususnya terkait penyediaan gizi untuk mencegah stunting.

Stafsus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie mengapresiasi kegiatan ini. Dengan dihadirkannya kegiatan ini di masjid, ia berharap agar hasil tani semakin berkah untuk masyarakat.

Pihaknya juga terus mendorong agar petani Batang semakin inovatif dan kompeten. Sehingga nantinya bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Terlebih dengan kehadiran KIT Batang yang tentunya akan membutuhkan banyak bahan pangan.

“KITB akan mendatangkan banyak orang dan mereka tentunya juga butuh banyak bahan pangan. Sehingga petani harus kompeten dan berdaya, serta inovatif. Kami juga dorong agar petani beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Selain itu kami juga mendorong kaum muda agar bisa melanjutkan regenerasi pertanian. Karena petani sekarang juga bisa keren denga hadirnya kemajuan teknologi,” harapnya.

Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengapresiasi hasil bumi yang dipanen dan dibagikan ke masyarakat. Pihaknya juga berharap hasil panen bisa turut dimanfaatkan untuk penanganan stunting ke masyarakat.

“Kami juga berharap para petani juga bisa turut membantu masyarakat dalam menyediakan bahan pangan bergizi untuk program stunting. Dan sekali lagi kami ucapkan selamat Hari Tani untuk petani Batang,” pungkasnya. (nov)