Hujan Datang, Tiga Bencana Ancam Batang

oleh -
APEL SIAGA - Apel gelar pasukan di Jalan Veteran, Jumat (23/9/2022) pagi, sebagai wujud kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana selama musim hujan.

*Apel, Seluruh Elemen Disiagakan

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang menggelar apel siaga kebencanaan untuk memastikan kesiapan seluruh elemen dalam situasi kebencanaan daerah itu. Apel digelar di Jalan Veteran, Jumat (23/9/2022) pagi yang dihadiri unsur TNI-Polri dan para relawan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi menjelaskan, bahwa wilayahnya memiliki sembilan ancaman bencana pada musim penghujan. Paling besar potensinya adalah tanah longsor.
“Saat musim hujan, ancaman terbesar adalah tanah longsor. Setelah tanah longsor, kemudian banjir dan angin puting beliung atau cuaca ekstrem,” terangnya.

Adapun cakupan wilayah yang memiliki potensi longsor ada di daerah atas Kabupaten Batang. Seperti Blado, Bawang, Bandar, dan Gringsing. Sedangkan di wilayah tengah ada daerah seperti Limpung dan Tersono yang punya potensi longsor sedang. “Yang paling tinggi di daerah selatan Kabupaten Batang,” katanya.

Sementara itu, empat daerah lain punya potensi bencana angin kencang, yaitu Limpung, Banyuputih, Subah, Warungasem. Sedangkan wilayah yang berpotensi banjir yakni Batang, Gringsing, Subah, dan Tulis.

Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengatakan, apel bersama ini sebagai kesiapsiagaan seluruh lapisan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Melihat banyak potensi kebencanaan di wilayah Batang.