PMI Siap Siaga Hadapi Potensi Bencana

oleh -
TEMU KARYA - PMI Kabupaten Kendal menggelar Temu Karya Relawan PMI Kendal Peringati HUT PMI ke-77 yang digelar di kawasan Bendungan Juwero.

KENDAL – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal menyatakan kesiapsiagaannya menghadapi potensi bencana apapun, termasuk menyongsong musim hujan yang mulai berlangsung saat ini. Karena itu, PMI terus meningkatkan antisipasi bencana, antara lain dengan menggerakkan seluruh relawan yang ada.

Hal itu disampaikan Ketua PMI Kendal, dr. Budi Mulyono saat Temu Karya Relawan PMI Kendal Peringati HUT PMI ke-77 yang digelar di kawasan Bendungan Juwero, Sabtu dan Minggu (25/9/2022). Kegiatan diikuti seluruh relawan, baik TSR maupun KSR, Forpis, juga relawan lain di luar PMI, seperti anggota ORARI. “Karena tugas sehari-hari PMI adalah memberikan pertolongan kemanusiaan,” ungkapnya.

Budi Mulyono mengatakan, moment HUT PMI kali ini diramaikan dengan kegiatan bakti sosial, juga kegiatan pelatihan bagi relawan baru, sekaligus pemantapan bagi relawan lama. Saat ini ada sekitar 150 relawan PMI yang aktif, termasuk yang berada di tiap-tiap kecamatan. “Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, ada bakti sosial, kemudian pelatihan bagi relawan baru dan pemantapan bagi relawan lama,” ujarnya.

Penanganan bencana menurut Budi adalah bagian dari pertolongan kemanusiaan. Untuk itu, dalam menghadapi musim hujan 2022/2-24 pun PMI sudah siap segalanya, baik peralatan maupun para relawan. “Tugas PMI ya sehari-hari siap memberikan pertolongan kemanusiaan, maka musim hujan pun selalu siap, termasuk siap mendirikan dapur umum jika dibutuhkan,” tandasnya.

Ketua Tim Pelatih PMI Kendal, Yulianto mengatakan, Tim Relawan PMI sudah siap menghadapi musim hujan tahun ini, bahkan sudah melakukan simulasi penanganan bencana. Selain itu juga berkoordinasi dengan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat atau Tim Sibat yang ada. “Kami dari Tim Relawan sudah siap menghadapi musim hujan tahun ini, juga melakukan koordinasi dengan Tim Sibat untuk mengantisipasi bencana,” katanya. (lid)