Kemenag Dukung Gerakan 1 Juta Sertifikat Halal

by -
SERAHKAN SERTIFIKAT - Kepala Kantor Kemenag Batang, M. Aqsho menyerahkan sertifikat halal kepada perwakilan pelaku UMKM, di halaman Kantor Kemenag Kabupaten Batang, Senin.

BATANG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang menerbitkan sertifikat halal bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) daerah setempat untuk mendukung gerakan “1 Juta Sertifikat Halal Bagi Pelaku UMKM”.

“Program tersebut digelar tiap tahunnya, dan di tahun 2022 ini, Kemenag RI menargetkan sebanyak 325 ribu pelaku UMKM di seluruh Indonesia tersertifikasi halal. Adapun di Batang, kami sudah memberikan sertifikat halal itu pada 136 pelaku UMKM,” ujar Kepala Kantor Kemenag Batang, M Aqsho, kemarin.

Aqsho mengatakan, dengan telah dikantonginya sertifikat halal itu, maka akan meningkatkan kepercayaan pelaku UMKM dalam mempromosikan maupun menjual produknya ke konsumen. “Pelayanan yang diberikan ini semuanya gratis,” katanya.

Ia memastikan, layanan sertifikat halal ini juga diberikan kepada pelaku UMKM non muslim. “Produknya pun mengacu pada produk halal. Contohnya milik saudari Ica Oktavia dengan produk makanan sereal Granola,” jelasnya.

Kasi Garazawa, Siswoyo mengatakan, jumlah UMKM di Batang yang memperoleh sertifikat halal di tahun 2022 mengalami peningkatan, dibandingkan tahun 2021.

“Tahun lalu cuma 27 UMKM yang mendapat sertifikat halal, karena persyaratan yang harus dipenuhi cukup banyak. Sedangkan tahun ini syaratnya hanya menyertakan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan lainnya dengan pendampingan dari Petugas Pendamping Proses Halal,” terangnya.