Asap Tebal Terlihat di Tol, DLH akan Tindak Tegal Pelaku Pembakaran Lahan

by -
BERASAP - Asap tebal dari pembakaran nampak di jalan tol Batang-Semarang wilayah Kuripan Subah

*DLH Siap Tindak Tegas Pembakaran Lahan

BATANG – Aksi pembakaran lahan yang tengah mendapat perhatian pemerintah usai insiden kecelakaan di ruas Tol Pejagan-Pemalang, ternyata juga terjadi di wilayah Kabupaten Batang. Kamis (22/9/2022) kemarin, asap tebal terpantau terpantau di dekat areal tol Batang-Semarang, tepatnya sekitar Desa Kuripan, Kecamatan Subah.

Dinas Linkungan Hidup Batang akan menindak tegas masyarakat yang masih melakukan pembakaran lahan dekat tol. Seperti yang terjadi pada Kamis , asap tebal terlihat di dekat area tol di sekitar Kuripan Subah.

Merespon kejadian tersebut, Dinas Linkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang akan memberikan teguran ke kepala desa setempat. DLH bahkan siap menindak tegas aksi pembakaran hutan, karena hal ini membahayakan pengguna jalan tol, dan rawan menyebabkan kecelakaan. Seperti yang terjadi di ruas Tol Pejagan-Pemalang beberapa waktu lalu.

“Sesuai instruksi kemarin dari Pak Ganjar, Pemkab untuk bisa melakukan pengawasan, dalam hal ini kami juga ikut andil,” ujar Kepala DLH Batang, A Handy Hakim saat diwawancarai pada Kamis (22/9/2022).

Lebih lanjut, pihaknya pun akan memberikan surat edaran kepada Kepala Desa terutama yang berlokasi di dekat tol. DLH Batang juga akan memetakan dan mengawasi titik potensi pembakaran lahan.

“Kami akan berikan imbauan melalui surat edaran tertulis untuk tidak melakukan pembakaran lahan jerami atau sejenisnya terutama yang dekat jalan tol,” imbuhnya.

Ia berharap masyarakat dapat melaksanakan imbauan tersebut. Lantaran asap pembakaran lahan bisa berakibat fatal, yaitu kecelakaan beruntun yang telah terjadi beberapa waktu lalu.

“Dengan kejadian kemarin kecelakaan beruntun itu bisa meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa yang dilakukan membakar jerami di dekat tol bisa berakibat fatal dan membahayakan,”pungkasnya. (nov)