Tera Dilakukan Secara Rutin

by -
CEK PASAR - Untuk mencegah terjadinya kecurangan pada timbangan dan literan yang digunakan para pedagang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pekalongan gencar melakukan patroli.

**Antisipasi Kecurangan, Datangi Pasar Tradisional

KAJEN – Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan pada timbangan dan literan yang digunakan para pedagang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pekalongan gencar melakukan tera ulang timbangan ke sejumlah Pasar Tradisional.

Pengecekan dan tera ulang alat ukur timbangan para pedagang dilakukan oleh Tim Gabungan Pemkab Pekalongan secara rutin di sejumlah Pasar Tradisional. Seperti Pasar Induk Kajen, Karanganyar, Wonopringgo, Bojong, Kesesi dan lainnya.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pekalongan, Dewi Fabanyo, kemarin. Kata dia, pengecekan dan tera ulang dilakukan untuk memperbaiki dan memastikan kembali keakuratan timbangan setelah pemakaian kurang lebih satu tahun. Hal tersebut juga untuk menghindari adanya kecurangan yang dilakukan oleh pedagang.

“Kita antisipasi adanya kecurangan oleh para pedagang, oleh karena itu secara rutin dilakukan tera ulang, ” katanya.

Adapun kegiatan juga dilakukan untuk melindungi konsumen dari para pedagang yang melakukan kecurangan dengan memodifikasi alat timbangnya. Sehingga konsumen mendapatkan timbangan yang sesuai.

“Jadi teraulang dilaksanakan dalam rangka melindungi konsumen, agar para pedagang tertib ukur. Mengingat, dengan tera ulang ini alat ukur atau timbangan yang digunakan dalam transaksi jual beli dipastikan terjaga keakuratannya,” jelasnya.

Menurutnya, tera ulang timbangan idealnya dilakukan satu kali dalam setahun. Ia juga mengingatkan kepada para pedagang untuk aktif melakukan tera ulang timbangan agar tidak ada yang dirugikan dalam transaksi jual beli antara pembeli dan pedagang.(yon)