Sepakat Tidak Buang Sampah di Sungai

by -
MENUMPUK - Akibat minimnya kesadaran masyarakat, sampah disaluran irigasi memenuhi saluran irigasi.

**Tumbuhkan Kesadaran, Gelar Deklarasi

KAJEN – Belakangan ini masih banyak masyarakat membuang sampah sembarangan, bahkan tak sedikit buang ke sungai. Guna menggugah kesadaran masyarakat, bertepatan dengan pembukaan Pintu Bendungan Gembiro, akan digelar Deklarasi tidak membuang sampah di Sungai dan saluran Irigasi.

Adapun deklarasi tidak membuang sampah sembarangan di sungai dan irigasi pertanian bakal digelar di Lapangan Desa Ponolawen Kecamatan Kesesi. Deklarasi akan diikuti oleh seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pekalongan.

Ketua Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) Kalijogo, Tangguh, kepada Radar, Rabu (21/09/2022), menyampaikan untuk menyadarkan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan akan dilaksanakan deklarasi tidak buang sampah di sungai dan irigasi pertanian.

“Karena sekarang ini banyaknya sampah luar biasa, itu disebabkan perilaku buruk masyarakat yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu kita minta dukungan kepada semua elemen masyarakat kelembagaan organisasi, LSM TNI Polri bersama pemerintah agar ikut berkomitmen tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai irigasi pertanian, ” katanya.

Dikatakan, untuk deklarasi dikakasanakan bertepatan dengan pembukaan Pintu Bendungan Genbiro.
“Insyaallah tanggal 1 Oktober 2022 bersamaan dengan pembukaan Bendungan Gembiro, untuk lokasi rencana di Lapangan Desa Ponolawen Kecamatan Kesesi, ” lanjutnya.

Melalui Deklarasi tersebut lanjut dia, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai atau irigasi. Karena itu merupakan kepentingan petani dalam mendapatkan air supaya irigasi ini lancar dan terbabas dari sampah sehingga ptoduktivitas pertanian ini bisa maksimal. (Yon)