Kejari Siap Berikan Legal Opinion Bagi Desa

oleh -
EKSPOS LO - Ekspos legal opinion Desa Sijono, Kecamatan Warungasem di Kantor Kejaksaan Negeri Batang, kemarin.

BATANG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Batang siap memberikan pertimbangan hukum pada pemerintah desa. Satu di antaranya menjadi rujukan pendapat hukum atau legal opinion dari kebijakan pemerintah desa.

Seperti dilakukan Pemerintah Desa Sijono, Kecamatan Warungasem, yang melayangkan surat permohonan pendapat hukum dalam pemanfaatan tanah kas desa. “Ya, belum lama ini kami memberi pendapat hukum tentang Pemanfaatan Tanah Kas Desa Sijono,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Batang, Mukharom, Rabu (21/9/2022).

Ia menjelaskan, Pemerintah Desa Sijono meminta pendapat hukum pada lembaganya terkait analisa hukum pemanfaatan tanah kas desa. Pihaknya tidak asal memberi legal opinion.

Selain Pemdes Sijono, kegiatan juga dihadiri stakeholder lain, yakni Dispermades, Inspektorat, Camat Warungasem, dan DPRKP. “Forum itu adalah sarana penyampaian permasalahan hukum konkret yang sedang atau akan dihadapi oleh Pemerintah Desa Sijono terkait Pemanfaatan Tanah Kas Desa Sijono,” ujar Kajari didampingi Kasi Intelijen, Ridwan Gaos Natasukmana.

Mukharom menyatakan bahwa informasi yang diterima akan dianalisa oleh jaksa pengacara negara secara yuridis normatif. Hingga kemudian akan menghasilkan pendapat hukum Legal Opinion (LO).

Timnya terdiri atas Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Faisyal Karim, dan tim Jaksa Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Batang.