Regsosek Jamin Perlindungan Sosial Tepat Sasaran

oleh -
SOSIALISASI - Kegiatan sosialisasi pendataan awal Regsosek di Hotel Dewi Ratih, Kabupaten Batang, Rabu (21/9/2022).

BATANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang segera menerjunkan 1.301 petugas pendataan registrasi sosial ekonomi (Regsosek), yang akan dimulai pada 15 Oktober sampai 14 November 2022.

Kepala BPS Batang, Edi Prawoto mengatakan, bahwa program Regsosek ini akan menjadi instrumen penting perlindungan sosial. Pihaknya akan mendata kondisi riil sosial ekonomi masyarakat, sehingga didapatkan satu data nasional sosial ekonomi masyarakat.

“Ini dapat membantu program-program pemerintah bisa lebih tepat sasaran, seperti bansos,” ungkap Edi didampingi Ketua Tim Susenas BPS Kabupaten Batang, Setiawan Budi Santoso, Rabu (21/9/2022).

Dijelaskan, Regsosek adalah pendataan secara komprehensif penduduk Indonesia. Melingkupi demografi, perumahan, kondisi disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial. Bahkan, mencakup juga presiden dan pejabat negara.

“Petugas akan mengajukan sedikitnya 50 pertanyaan, terkait kesehatan, ketenagakerjaan, sampai dengan aset. Masyarakat juga akan ditanyakan mengenai pertanyaan individu, misalkan pendidikan, pekerjaan, dan kesehatan,” katanya.

Edi meminta masyarakat tak takut untuk memberikan data-data yang dibutuhkan. Terlebih, petugasnya juga akan dilengkapi atribut resmi dari BPS, seperti name tag, surat tugas dan APD.

“Program Regsosek ini baru pertama kali dilaksanakan. Harapannya, ada updating data setiap tahunnya oleh pemerintah desa secara mandiri,” terangnya.