DPRD Karanganyar Apresiasi Program COD Pintar Disdukcapil Batang

oleh -
KUNKER - Komisi A dan B DPRD Karanganyar saat menjalani kunker ke Pemkab Batang, Senin (19/9/2022).

BATANG – Komisi A dan B DPRD Kabupaten Karanganyar menggelar kunjungan kerja ke Pemkab Batang, Senin (19/9/2022). Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo turut mengapresiasi sejumlah inovasi Pemkab Batang.

Salah satunya program COD Pintar Disdukcapil Batang. Ia menyanjung program ini lantaran semua telah berbasis online, bahkan ada sistem antar dokumen hingga ke rumah.

“Kami perlu tahu juga meski sudah dilakukan mungkin ada yang berbeda sehingga bisa dikolaborasikan sehingga pengembangan di Karanganyar bisa lebih baik. Salah satunya tadi pelayanan di Disdikcapil semua berbasis online, bahkan sampai diantar ke rumah segala,” ujarnya.

Inovasi diapresiasi pihaknya, apalagi salah satu tujuan kunjungan kerja ini untuk diskusi permasalahan administrasi kependudukan. Selain itu, pihaknya juga mengapresiai kinerja petugas tapping box di Kabupaten Batang.

“Lalu ada tapping box dalam menggali potensi pendataan di komisi B terkait pajak-pajak yang ada seperti resto dan lainnya. Walaupun sudah diterapkan (di Karanganyar), tapi belum maksimal, ada kenakalan dari pihak restoran, dan ini di Batang ada petugas yang selalu memantau,” imbuhnya.

Dalam kunjungan ini rombongan DPRD Batang diterima oleh Kabag Perekonomian Setda Batang, Suwanto. Pemkab Batang juga menyampaikan inovasi pelayanan Birokrasi Pemerintahan dan Administrasi Kependudukan, serta peranan BUMD dalam peningkatan PAD di Kabupaten Batang.

“Tadi sudah ada dari Disdukcapil ada beberapa inovasi terkait pelayanan kependudukan, dan kontribusi BUMD, semoga apa yang disampaikan bermanfaat,” pungkasnya. (nov)