Anak Panti Lulus Sekolah Wirausaha

oleh -
FOTO - Para peserta SWA berfoto bersama produk mereka serta tim pengurus daerah Aissyiyah Pekajangan.

*Panti Asuhan Aisyiyah Pekajangan

PEKAJANGAN – Sebanyak 16 anak Panti Asuhan Aisyiyah Pekajangan Pekalongan telah dinyatakan lulus dari Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA). SWA anak Panti Asuhan ini merupakan SWA angkatan ke-7. Total alumni SWA dari angkatan pertama berjumlah 223 orang. SWA angkatan ke-7 ini diwisuda oleh ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pekalongan, Rumainur SPdI didampingi Musfirotun MM selaku Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah pada tanggal 18 September 2022 yang diadakan oleh Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pekalongan. Acara tersebut diselenggarakan di kantor Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pekajangan.

Salah satu peserta purnawiyata SWA yang bernama Melinda Dwi Rahmawati dengan wajah sumringah menuturkan kesannya mengikuti SWA. “Mengikuti SWA itu bisa menambah pengalaman dan wawasan dan bisa belajar bagaimana sukses menjadi wirausaha.” Dalam SWA mereka diajari materi keaisyiyahan, kewirausahaan, serta praktik membuat beberapa makanan kekinian seperti Chicken Pop, Ayam Katsu, Risol Mayo Margo dan Kebab.

“Rencana ke depan kami akan praktik dan menjual produknya ke luar,” imbuh Melinda dengan penuh semangat.

Proses pembelajaran dilaksanakan selama satu setengah bulan. Pembelajaran SWA ini merupakan kerjasama MEK dan MKS Jawa Tengah dengan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Selain pembelajaran secara teori mereka melaksanakan visit company dalam bentuk praktik dengan industri rumahan (home industry) King dan Queen snek and Catering. Proses terakhir mereka harus mengikuti uji kompetensi sebanyak dua kali.

Dalam acara purnawiyata SWA tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan yang diwakili oleh Drs Sucipto. Berkesempatan hadir pula Dra Siti Masruroh MSi, selaku Kepala Dinkop UKM dan Naker Kabupaten Pekalongan. Kehadiran Ibu Masruroh sekaligus mengisi materi dengan tema “Peran Perempuan dalam Pemulihan Ekonomi Bangsa”.