Pakai Motor Bebek Modifan, Trek Areal Sawah Sepanjang 700 Meter

oleh -
BALAP - Lomba Balap Ojek Gabah yang menjadi tradisi masyarakat Tegalsari Kandeman.

**Melihat Uniknya Balap Ojek Gabah Saat Panen Raya di Tegalsari

SELAIN sebagai silaturahmi antar warga, lomba ini juga jadi sarana adu tangkas para ojek gabah. Di mana ojek gabah ini juga punya peranan tersendiri dalam kegiatan pertanian di Tegalsari Kandeman.

Yang menarik, lomba balap ini menggunakan media sawah sebagai trek balap. Para peserta akan melakukan sekitar 5 putaran. Dengan panjang trek sekitar 700 meter. Nantinya di putaran keempat dan kelima, para peserta diuji dengan tambahan gabah yang dibonceng dibelakang motor.

Salah satu panitia lomba, Fatahun Risqon mengatakan, perlombaan ini diikuti sekitar 28 orang yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pemuat Padi (SP3).

“Ini sebagai rasa syukur dan wujud kegembiraan kami dalam rangka panen raya pada tahun ini. Pesertanya semua tukang ojek gabah yang mana mereka menjual jasa angkut gabah setiap panen,” ujarnya.

Dia menambahkan, motor yang digunakan merupakan motor yang dipakai ojek gabah sehari-hari. Biasanya merupakan motor bebek yang telah dimodifikasi seperti motor trail.

“Jadi motornya memang khusus untuk angkut gabah, motor bebek biasa yang dimodifikasi ban trail, shockbreaker dan mesinnya diperkuat juga diberikan ruang depan belakang untuk angkut gabah,” ujarnya