DLH akan Gelar Lomba Bank Sampah

oleh -
OLAH SAMPAH - Warga sedang memilah dan mengolah sampah di salah satu TPS3R di Kota Pekalongan.

KOTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menyelenggarakan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat serta Bank Sampah. Kegiatan ini untuk mengajak masyarakat Kota Pekalongan agar semakin peduli terhadap lingkungan, menjaga kebersihan, berperilaku hidup sehat, dan mengelola bank sampah.

Sekretaris DLH Kota Pekalongan, Puji Winarti mengungkapkan bahwa lomba lingkungan bersih dan bank sampah ini diikuti oleh tiap kecamatan se-Kota Pekalongan yakni menunjuk perwakilan dua kelurahan setiap kecamatan. “Jadi lomba di DLH ini ada dua yang pertama lomba lingkungan bersih dan sehat, kedua lomba bank sampah. Lomba ini lokusnya berbeda tapi titik kelurahannya sama,” terang Puji.

Menurut Puji ini menjadi wahana untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, mengevaluasi pengelolaan bank sampah, mengapresiasi bank sampah yang telah mengelola sampah dengan benar, meningkatkan keterampilan pengurus sampah, mendorong inovasi bank sampah, serta mengedukasi pengelolaan bank sampah.

Sementara itu Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Penataan Hukum Lingkungan DLH, Sugiharto menjelaskan tujuan lomba ini untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan kesehatan yang merata, meningkatkan budaya peduli lingkungan. “Harapannya melalui kegiatan ini masyarakat tak membuang sampah sembarangan, mereka semakin sadar untuk peduli lingkungan,” tutur Sugiharto.