Himpaudi Launching Motif PDH Baru

oleh -
LIHATKAN - Ketua Himpaudi dan Bunda PAUD Kota Pekalongan memperlihatkan motif batik terbaru.

KOTA – Di usia baru ke 17 tahun Himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini (Himpaudi) Kota Pekalongan, melaunching batik lokal yang akan dikenakan sebagai pakaian dinas harian (PDH) pengurus.

Peresmian motif batik baru ini ditandai dengan penyerahan dan pembentangan kain bermotif batik daerah oleh Ketua Himpaudi kota Pekalongan, Elok Fitriyah kepada Bunda pendidikan anak usia dini (PAUD), Inggit Soraya serta ketua I PKK Kota Pekalongan, Istiqomah dan disaksikan oleh Walikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid, bertempat di lapangan Peturen Tirto, Sabtu (17/9/2022).

Elok mendeskripsikan seluruh motif yang diusung pada kain batik tersebut yang mana masing-masing memiliki filosofi tersendiri, yaitu motif burung garda, kawung, jlamprang, rantai, bunga truntum, mawar berkembang, buku dan pensil, bintang, seno, bunga melati serta ikon kota Pekalongan yakni canting.

“Arti dari seluruh motif yang tertuang di Pdh kami, bahwa kami himpaudi merupakan himpunan pendidik yang punya kekuatan dan memberi keseimbangan antara Tuhan, alam, manusia untuk bersatu menyiapkan generasi berilmu dengan keikhlasan dan ketulusan agar mereka punya impian dan kami pun sebagai pendidik memiliki status sosial yang baik di mata masyarakat,” beber Elok.

Dalam kesempatan yang sama, Inggit melihat motif batik yang dirangkai oleh Himpaudi sangatlah epic, sebab di dalamnya motif khas Kota Pekalongan bisa dipadu padankan dengan makna, cita-cita dan jati diri dari profesi guru Paud.

“Kota Pekalongan kota batik, kita perlu memperkenalkan kepada daerah lain, untuk melestarikan budaya dan sebagai bentuk identitas Himpaudi Kota Pekalongan ini sangat indah, dengan motif baru ini semoga bisa membawa semangat dan keberkahan untuk seluruh pahlawan tanpa jasa,” tukasnya. (mal)