Teatrikal Perjuangan akan Kembali Meriahkan Peringatan Pertempuran 3 Oktober

oleh -
UPACARA - Pemkot Pekalongan bersama jajaran forkopimda dan TNI-Polri saat menggelar upacara Peringatan Pertempuran 3 Oktober di halaman Setda Kota Pekalongan, tahun lalu.

KOTA – Peringatan Pertempuran 3 Oktober di Kota Pekalongan tahun ini akan kembali dimeriahkan dengan teatrikal perjuangan, bertempat di Monumen Juang 45 Kota Pekalongan.

Tahun lalu, Peringatan Pertempuran 3 Oktober diperingati secara sederhana, berupa upacara di halaman Setda Kota Pekalongan. Sebelum pandemi, beberapa kali Peringatan Pertempuran 3 Oktober disertai dengan drama kolosal dan teatrikal perjuangan di Monumen Juang 45 Kota Pekalongan.

Kepala Seksi Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Kota Pekalongan, Muhamad Ainur Rofiq mengatakan, Peringatan pertempuran 3 Oktober di tahun 2022 ini akan digelar pada Senin malam pukul 20.00 wib. “Rencana akan diikuti oleh 8 kompi atau 800 peserta upacara dan 100 pemain drama atau teatrikal, jadi total ada 900 orang,” jelas Rofiq, kemarin.

Disebutkan Rofiq, rencana peserta upacara dsri Kodim, Polres Pekalongan Kota, Brimob, Dinshub, Satpol P3KP, Linmas, mahasiswa, dan organisasi masyarakat. “Untuk drama perjuangan nanti diperankan pelajar SMA/MA/SMK di Kota Pekalongan, PMI, dan sebagainya. Teatrikal perjuangan ini menggambarkan perjuangan rakyat Pekalongan kalau dulu melawan penjajahan Jepang,” kata Rofiq.

Dijelaskan Rofiq, saat ini Badan Kesbangpol tengah menyiapkan surat menyurat untuk mengundang peserta upacara, rapat bersama beberapa instansi juga sudah dilakukan. “Untuk latihan teatrikal akan dilakukan di GOR Jetayu mulai 26-29 September ini,” beber Rofiq.