Atraksi Taekwondo Santri Meriahkan Perigatan Haornas

oleh -
ATRAKTIF - Aksi atraktif taekwondo dari para santri menambah kemeriahan peringatan Haornas di Alun-alun Kendal, Jumat (16/9/2022).

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar peringatan upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Alun-alun Kendal, Jumat (16/9/2022). Selain dihadiri jajaran ASN, TNI, Polri, pelajar dan mahasiswa, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh atraksi seni beladiri taekwondo puluhan santri Pondok Pesantren Darul Amanah Sikorejo.

Sebanyak 25 santri SMP dan SMA ini menunjukkan kemampuannya bertaekwondo yang cukup menegangkan, seperti koprol sambil pecahkan papan dan pecah kayu. Lebih meningkat lagi atraksi pecah balok beton menggunakan tangan dan kepala. Puncaknya atraksi pecahkan tumpukan belasan balok beton.

Pelatih taekwondo Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo, Maulana Al Hanafis mengatakan, olahraga taekwondo merupakan ekstrakurikuler wajib bagi santri di pondoknya. Sementara ini, prestasi yang diraih baru juara di tingkat Kabupaten Kendal. “Untuk atraksi ini, kami persiapan sekitar tiga minggu, karena kami diberitahu pada pertengahan Agustus lalu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Cabor Taekwondo Indonesia Kendal, Wibowo Heru Setiyawan mengatakan, sudah cukup banyak prestasi atlet taekwondo Kendal di tingkat nasional. Pada tahun 2022 ini ada 6 atlet yang lolos untuk mengikuti event Porprov Jateng 2023.

“Prestasi tahun ini banyak meraih medali emas, yaitu pada Kapolri Cup, Kemenpora Cup, dan yang terakhir belum lama ini di Kejuaraan Salatiga Open juga dapat medali emas,” jelasnya.

Ketua Koni Kendal, Subur Isnadi berharap, dengan ditampilkannya atraksi ini bisa memotivasi anak-anak remaja Kendal untuk menggiati olahraga beladiri taekwondo. Dengan Haornas ini, diharapkan partisipasi masyarakat terhadap olahraga di Kendal semakin tinggi, sehingga bisa meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Kendal. “Harapan ke depan ya olahraga di Kendal semakin maju dan banyak meraih prestasi,” harapnya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto selaku pembina upacara berharap, olahraga bisa menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Oleh karena itu, gerakan olahraga bisa dilaksanakan secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat. “Kami terus mengembangkan olahraga di Kendal, baik olahraga prestasi, juga olahraga pariwisata atau sport tourism,” katanya. (lid)