Senangnya Petani Tembakau, Harga Bagus Saat Masa Panen

oleh -
MENGUNTUNGKAN - Harga panen tembakau tahun ini cukup tinggi dibanding tahun lalu, sehingga cukup menguntungkan petani.

KENDAL – Musim panen tembakau tahun ini sepertinya bakal disambut gembira para petani di Kabupaten Kendal. Pasalnya, dibanding tahun lalu harga tembakau saat ini sedang bagus, yakni berkisar Rp 40 ribu sampai Rp 42 ribu.

Selain kualitas panenan yang berkualitas baik, harga tembakau memang sedang cukup tinggi, sehingga kondisi ini cukup menguntungkan bagi para petani. Hal ini juga diamini Kepala Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Dasuki. Ia mengatakan, tanaman tembakau hasil produksi para petani di desanya kali ini cukup bagus karena tidak terkena hama penyakit.

“Selain juga cuaca sangat mendukung karena tidak terjadi hujan besar di siang hari, sehingga daun tembakau sesuai yang diinginkan pembeli,” katanya, Kamis (15/9/2022)

Di Desa Jungsemi sendiri hampir 50 persen lahannya digunakan warga untuk menanam tembakau. Karena itu, sebagian besar warganya yang berprofesi sebagai petani tembakau pun begrembira dengan musim panen kali ini.

Adapun harga hasil panen tembakau kali ini disebut Dasuki bisa menembus angka Rp42 ribu per kilonya. Tahun lalu harga pasca panen hanya sampai Rp 32 ribu per kilogram.

“Meskipun harga tembakau tahun ini naik, namun para petani masih mengeluhkan sulitnya mendapat pupuk subsidi. Apalagi harganya juga mahal,” ungkap Dasuki. (lid)