Solar Langka, Nelayan Urung Melaut

oleh -
PENGECEKAN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lakukan pengecekan SPBN Bandengan Kendal.

*Gubernur Janji Mintakan Tambahan Kuota

KENDAL – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat keluhan dari para nelayan di Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal yang sering kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) solar. Akibatnya banyak nelayan yang tidak bisa melaut setiap hari.

Keluhan nelayan disampaikan langsung saat bertemu dengan Gubernur di SPBN Bandengan, Kamis (15/9/2022). Dalam kunjungannya, Ganjar juga didampingi Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal, Hudi Sambodo.

Gubernur Ganjar melihat langsung antrean para nelayan yang hendak mengisi BBM solar di SPBN Bandengan. Untuk itu, Gubernur akan meminta tambahan kuota solar untuk nelayan kepada BP Migas, seperti yang disampaikan Bupati Kendal.

Ganjar juga meminta ada perbaikan sistem yang lebih mudah bagi nelayan ketika membeli solar di SPBN. Perbaikan sistem itu, supaya akses para nelayan untuk mendapatkan solar menjadi lebih mudah dan tercukupi, sehingga tiap hari bisa melaut. “secara keseluruhan di Kabupaten Kendal masih kekurangan sekitar 6.000 kiloliter, ” katanya.

Seperti disampaikan seorang nelayan, Muh Asror, bahwa sudah setahun ini sering kesulitan mendapatkan solar di SPBN. Para nelayan tidak bisa mendapatkan solar tiap hari, namun dua atau tiga hari sekali baru bisa mendapatkan solar.