Tips Membeli Gula Pasir yang Aman untuk Keperluan Bisnis

oleh -

Gula menjadi salah satu kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan. Berbagai sektor membutuhkan gula mulai dari rumah tangga sampai bisnis. Bahkan, kenaikan harga dari komoditas ini bisa memengaruhi industri di Indonesia.

Berbisnis dengan gula akan memberikan keuntungan besar, apalagi Anda membuka usaha rumah makan atau menciptakan produk kue. Gula sangat dibutuhkan dalam jumlah banyak, jadi Anda harus mencari Promo Gula Pasir.

Dengan promosi ini, Anda akan mendapatkan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, bisnis yang dijalankan juga bisa dapat untung yang lebih banyak. Jika Anda ingin beli gula pasir dalam jumlah banyak yang aman untuk bisnis, coba simak tips di bawah ini.

1.   Cek Kemasan dari Gula

Sebelum membeli gula pasir dalam jumlah banyak dan dimanfaatkan untuk bisnis, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana kemasannya. Karena terkadang gula pasir dikemas dalam karung atau kemasan tidak siap pakai.

Namun, apabila dikemas dalam ukuran 1 kilogram dan sangat praktis, Anda masih bisa mempertimbangkannya untuk dibeli. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana kemasan yang nantinya akan diberikan.

Selama kemasannya tidak mudah robek serta sangat praktis. Berarti Anda bisa memilihnya untuk digunakan setiap hari. Sebaliknya, jika kemasan dari produk ini cukup merepotkan, lebih baik untuk menggunakan jenis yang lain.

2.   Ketahui Jenis Gula yang Dijual

Anda harus mengetahui kira-kira jenis produk seperti apa yang dijual. Karena jenis gula cukup bervariasi. Ada yang gulanya berwarna putih jernih dan ada juga yang agak sedikit kekuningan.

Gula ini sebenarnya aman untuk dikonsumsi dan tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. Tapi bagi beberapa orang tentu warna yang lebih bersih ini lebih diminati. Apalagi terlihat kristal dari gula yang utuh.

Apabila digunakan untuk keperluan bisnis, seperti makanan atau minuman jenis apapun tidak ada masalah. Tetapi, apabila nantinya dijual lagi memang disarankan untuk memilih yang warnanya lebih jernih atau putih.

3.   Tanyakan Harga Beli dalam Jumlah Banyak

Tanyakan terlebih dahulu harga beli apabila Anda melakukan transaksi dalam jumlah yang banyak. Karena biasanya apabila membeli dalam jumlah banyak harganya akan sedikit berbeda. Bahkan, selisih sedikit pun bisa sangat menguntungkan.

Jadi, tidak ada salahnya untuk menghubungi pihak dari pemilik toko terlebih dahulu. Katakan pada mereka untuk memberikan penawaran apabila ingin membeli dalam jumlah banyak seperti di atas 100 kg.

Apabila mereka menawarkan harga yang cukup menarik, berarti masih bisa dipertimbangkan. Tetapi apabila harga yang ditawarkan tetap sama saja, maka tidak ada salahnya untuk memilih beberapa toko yang lain.

4.   Tanyakan Proses Pengiriman

Ada baiknya untuk menanyakan bagaimana proses pengiriman dari gula pasir. Apabila proses pengiriman dilakukan secara langsung dari cabang terdekat yang ada di kota, berarti bisa langsung melakukan transaksi di sana.

Tetapi jika pengiriman dilakukan dengan jarak yang cukup jauh, tanyakan apa saja jaminan pengiriman. Apalagi membeli dalam jumlah yang sangat banyak pasti ada risiko mengalami kerusakan di tengah jalan.

Apalagi ada risiko produk yang mengalami pecah atau bocor. Pasti akan sangat merugikan bahkan bisa memicu datangnya semut sehingga produk jadi tidak layak pakai lagi.

5.   Cek Kedaluwarsa Produk

Pastikan untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa dari gula yang nantinya akan dibeli. Pengecekan dilakukan untuk mengetahui apakah produk masih bisa digunakan dalam jangka waktu lama atau tidak.

Apalagi Anda akan menjual lagi produk itu dalam bentuk mentah. Dengan waktu simpan yang sangat lama, kemungkinan untuk mengalami kerugian akan kecil. Sebaliknya, apabila waktu simpannya sangat sedikit bisa memicu kerugian.

6.   Lakukan Uji Coba Dulu

Ada baiknya untuk melakukan proses uji coba terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan dengan membeli gula dengan jumlah beberapa kilogram saja. Apabila sudah merasakan kualitas dari gula, maka bisa dipertimbangkan.

Sebaliknya apabila kualitas dari gula tidak terlalu baik, berarti disarankan untuk memilih jenis yang lain. Ada banyak sekali merk gula yang cukup terkenal di marketplace. Salah satunya adalah gula yang dikeluarkan oleh Puravita.

7.   Bisa Membuat Kerja Sama Khusus

Apabila bisa membuat kerjasama khusus dengan toko ataupun pemilik usaha gula akan lebih baik lagi. Kerja sama ini bisa dilakukan dengan memberikan beberapa penawaran serta opsi pembayaran yang lain.

Misal bisa membeli dengan sistem jatuh tempo. Jadi, Anda bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu. Selanjutnya, apabila sudah jatuh tempo baru dilakukan pembayaran sesuai dengan kerjasama yang sudah dibuat.

Dengan kerja sama ini maka usaha yang menggunakan gula akan menjadi lebih maju. Bahkan,  meskipun dalam kondisi langka sekalipun biasanya stok akan tetap tersedia karena mendapatkan prioritas.

Membeli gula pasir untuk keperluan bisnis memang tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi, harga dari komoditas ini tidak stabil. Jadi, diperlukan cara khusus agar bisa mendapatkan gula dalam jumlah banyak dan tidak mudah mengalami kerusakan.Misal dengan menggunakan gula Puravita yang dijual di Blibli. Gula ini dikemas dengan baik dan juga higienis. Jadi, membeli dalam jumlah yang banyak sekali pun tidak akan menyebabkan masalah apa pun. Bahkan, akan membuat kamu semakin untung.