TNI-Ormas Kendal Desak Effendi Simbolon Minta Maaf

oleh -
AKSI - TNI yang bertugas di Kodim 0715/Kendal bersama beberapa ormas gelar aksi protes terhadap statemen anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon.

KENDAL – Statemen anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon, yang menyebut TNI seperti gerombolan, terus memantik reaksi di berbagai daerah. Seperti dilakukan anggota TNI dari 0715/Kendal dan sejumlah ormas, Selasa (13/9/2022) sore, mereka menggelar aksi protes terhadap statemen politisi PDI Perjuangan tersebut. Mereka juga mendesak Effendi Simbolon untuk meminta maaf ke institusi TNI.

Dalam aksi yang dipusatkan di depan Makodim itu, perwakilan TNI maupun ormas melakukan serangkaian orasi. Mereka juga membentangkan spanduk dan poster.

Sejumlah ormas yang ikut ambil bagian dalam aksi diantaranya Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Pemuda Panca Marga (PPM), Pemuda Pancasila, dan Lindu Aji.

Adapun spanduk yang dibentangkan memuat tulisan seperti “TNI Bukan Gerombolan, TNI Setia Terhadap NKRI. Jangan Nodai Kesetiaan TNI”, kemudian “Jangan Usik Soliditas TNI, Demi untuk Kepentingan Panjat Sosial (Pansos)”. Sedang pada poster berisi tulisan, Tentara Timbul Tenggelam bersama Negara. Jangan Coba-coba Ganggu TNI” dan “Urus Saja Urusan Politikmu, Jangan Koyak Netralitas TNI”, dan beberapa poster lainnya.

Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, menyampaikan dengan tegas pihaknya tidak menerima atas pernyataan dari Effendi Simbolon yang telah melukai para prajurit TNI.

“Kami mengabdikan jiwa dan raga kami bagi bangsa ini. TNI bukanlah gerombolan tapi kami adalah alat negara untuk menjaga negara ini. Tentara itu akan timbul dan tenggelam bersama dengan negara,” katanya

Ditegaskan Dandim, Kodim 0715/Kendal bersama ormas di Kendal meminta Effendi Simbolon segera meminta maaf kepada TNI karena telah melukai hati prajurit. Selain penyataan “gerombolan” Effendi Simbolon dianggap mengganggu persatuan TNI.