Pelajar Diajak Jadi Generasi Pilah Sampah

oleh -
TIMBANG - Siswa SDN Karangasem 08 didampingi guru saat menimbang sampah, Jumat (9/9/2022).

BATANG – SDN Karangasem 08 Batang mengajak anak didiknya untuk menjadi generasi pilah sampah. Hal ini dilakukannya dalam memperingati Hari Sampah Internasional. Tak hanya memilah, sebelumnya mereka juga diajak memungut sampah, kemudian memilah dan aneka kegiatan lainnya, Jumat (9/9/2022).

“Kegiatan ini serentak se Kecamatan Batang. Sehingga kami ajak anak didik kami untuk bersih lingkungan, mulai dari pungut sampah, dan pilah sampah. Antara sampah organik dan anorganik. Kemudian sampah ditimbang, dan nantinya akan diproses sesuai dengan jenis sampahnya,” ujar Kepala SDN Karangasem 08 Batang, Aminah saat diwawancarai usia kegiatan.

Dijelaskannya, dalam kegiatan ini ada puluhan kilogram sampah yang terkumpul. Dimana siswa berhasil mengumpulkan 22 kilogram sampah organik, dan 17 kilogram sampah anorganik.

“Anak diedukasi bagaiman untuk memilah sampah. Dan nantinya sampah organik akan diproses menjadi pupuk kompos. Jadi kami harap setelah menjadi generasi pilah sampah, mereka bisa memahami, bahwa sampah masih bisa dipilah menjadi hal bermanfaat, sebelum nantinya benar-benar dibuang,” imbuhnya.

Tak hanya sekadar mengenalkan gerakan pungut dan pilah sampah, anak didiknya juga diajak untuk makan makanan bergizi. Salah satunya dengan makan bubur kacang hijau bersama.

“Di akhir kegiatan, setelah kita bersih-bersih lingkungan sekolah, kami makan bersama. Kami berharap dengan kegiatan ini, anak juga bisa menjaga pola makan mereka dengan makanan yang bergizi,” pungkasnya. (nov)