Talkshow Digitalisasi Pendidikan, Pelajar Lebih Berilmu dengan Memanfaatkan Segala Peluang

oleh -

KEDUNGWUNI – Digitalisasi pendidikan di era merdeka belajar ini harusnya bisa membuat seluruh pelajar jadi lebih berilmu dengan memanfaatkan segala peluang.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR RI FPKB saat kegiatan Talkshow Pendidikan bersama pelajar IPNU dan IPPNU Kabupaten Pekalongan di Aula Islamic Center Kedungwuni, Minggu (11/9/2022).

Bisri juga menyampaikan bahwa peluang ini dapat didapatkan apabila para pelajar (IPNU dan IPPNU) aktif mencari informasi.

“Maka pelajar IPNU dan IPPNU tidak boleh hanya menunggu informasi datang, tetapi harus aktif mencari informasi,” jelasnya.

Merdeka belajar mendukung banyak inovasi dalam dunia pendidikan. Nuansa pembelajaran akan lebih nyaman, karena murid dapat berdiskusi lebih dengan guru, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi lebih membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, dan berkompetensi.

“Nantinya, akan terbentuk para pelajar yang siap kerja dan kompeten, serta berbudi luhur di lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, Merdeka Belajar juga memberikan peluang yang sangat besar bagi pelajar untuk mencari ilmu tanpa terbatas ruang (tempat).

Saat ini banyak lembaga yang menyelenggarakan seminar secara daring, sehingga seorang pelajar di Pekalongan dapat mengikuti seminar yang diselenggarakan dari Jakarta tanpa harus pergi ke Jakarta.

“Para narasumber terkemuka juga dapat mengisi suatu seminar di Pekalongan tanpa harus datang ke Pekalongan. Bahkan seminar internasional dari luar negeri juga dapat kita ikuti dari rumah,” terangnya.

Pelajar dari Pekalongan kini bisa mengikuti kegiatan pendidikan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia bahkan Dunia. Hal ini harusnya memicu suatu lompatan besar bagi pelajar di Pekalongan untuk setara dengan pelajar lain.

“Pondok pesantren besar-besar seperti di Rembang, Lirboyo, Jombang juga sudah sering menyelenggarakan ngaji online. Oleh sebab itu Ponpes di Pekalongan harusnya juga bisa melakukan kegiatan seperti itu juga agar jangkauannya lebih luas,” tandasnya.