Lapas Pekalongan Latih Narapidana Budidaya Ikan Nila, Lele dan Bawal

by -

Pekalongan – Untuk meningkatkan pembinaan kemandirian bagi narapidana di bidang perikanan, Lapas Pekalongan Kanwil Kemenkumham Jateng membudidayakan ikan nila, lele dan bawal di kolam buatan dalam Lapas.

Kalapas Pekalongan, Imam Purwanto melalui Kasi Kegiatan Kerja, Hariyadi menjelaskan bahwa budidaya ikan ini merupakan salah satu program unggulan Lapas Pekalongan.

“Selain memiliki nilai jual, budidaya ikan nila, lele dan bawal merupakan salah satu jenis program kemandirian bagi narapidana Lapas Pekalongan yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan tentang berbagai hal yang harus dilakukan dalam proses budidaya ikan,” jelas Hariyadi, Jumat (09/09/2022).

Lebih lanjut Hariyadi menjelaskan bahwa dalam budidaya ikan ini narapidana dilatih dari proses pembuatan kolam, proses perkembangbiakan, pemilihan benih, proses penyortiran, proses pembesaran hingga proses pemasarannya.

“Pembinaan kemandirian ini sangat dibutuhkan narapidana sebagai bekal kemampuan yang diharapkan dapat dilanjutkan setelah bebas nanti. Kami menyampaikan kepada warga binaan bahwa budidaya ikan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan sehingga mereka menjadi insan yang mandiri, produktif dan tidak kembali mengulangi perbuatan yang melanggar hukum,” pungkasnya. (red)