Bus Pariwisata Naikan Sewa 20 Persen

oleh -

**Dampak Kenaikkan BBM

KAJEN – Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah beberapa hari lalu berdampak ke beberapa aspek. Salah satunya pada penyesuaian harga sewa bus pariwisata. Pengusaha bus pariwisara menaikkan sewa 20 persen.

Hal itu sesuai kesepakatan Paguyuban Pengusaha Transportasi Pariwisata Pekalongan, Pemalang, Batang. Mereka sepakat menaikkan harga sewa maupun harga tiket bus mulai 20 persen untuk menutupi biaya operasional.

Sekretaris Paguyuban Bus Pariwisata Pekalongan, Pemalang, Batang, Zaenal Arifin, kemarin, membenarkan hal itu. Kata dia, kenaikan harga BBM jenis pertamax, pertalite, dan solar menjadi kabar buruk. Karena dengan naiknya harga BBM maka semua harga-harga lain ikut naik. Begitupun dengan sewa bus pariwisata. Untuk itu dari hasil rapat paguyuban maka dinaikan harga sewa.

“Dari hasil rapat Paguyuban Pengusaha Bus Pariwisata, Pekalongan, Pemalang dan Batang tarif harga sewa sebesar sepakat 20 persen. Itu sudah disesuaikan dengan kenaikan harga BBM pada Sabtu kemarin,” katanya.

Senada disampaikan Ketua Paguyuban Bus Pariwisata Pekalongan, Pemalang, Batang, Denny Burhani. Menurut dia, dari pertemuan ini telah mendapatkan Hasil Keputusan bersama mengenai perubahan harga sewa.

“Adapun kenaikan harga sewa paska kenaikan harga BBM sebesar 20 persen dari harga lama, ” tegasnya seraya menjelaskan kenaikan BBM pastinya juga berpengaruh pada harga onderdil armada bus dan biaya perawatan. (yon)