Pendidikan Anak Usia Dini jadi Tanggungjawab Lintas Sektor

oleh -
BUKA ACARA - Kabid Paud dan PNF Disdikbud Batang saat membuka Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Penyelenggaraan PAUD HI, di Gedung Pramuka Batang, Senin (5/9/2022).

BATANG – Tahun 2022 ini, ada sekitar 110 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Batang yang akan menerapkan PAUD Holistik Integratif (HI). Dengan adanya program ini, tanggungjawab Paud tak hanya diserahkan pada Disidikbud Batang saja, melainkan juga butuh peran dan dukungan dari lintas sektor.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Disdikbud Batang, Achmad Taufiq melalui Kabid Paud dan PNF, Sutriyono saat diwawancarai usai kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Penyelenggaraan PAUD HI, di Gedung Pramuka Batang, Senin (5/9/2022).

“Jadi pendidikan generasi emas di Batang ini menjadi tanggung jawab lintas sektor. Tak hanya Disidikbud Batang saja, mulai dari pemerintah dan masyarakat harus bersinergi membantu memberikan hak pendidikan anak-anak. Dimana ada lima layanan utama PAUD HI yang harus diberikan dan didukung semua pihak,” ujar Sutriyono.

Dituturkannya, PAUD HI adalah program penanganan anak usia dini yang diberikan secara menyeluruh, yang mencakup lima layanan utama, yakni gizi dan kesehatan, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan.

“Oleh karenanya, nanti Disdikbud Batang juga akan menggandeng dinas terkait. Seperti DP3AP2KB Batang, Dinkes Batang, Dispaperta Batang, PKK Batang dan instansi terkait lainnya. Nantinya akan kami buat semacam gugus tugas Paud HI. Sehingga nantinya bisa berkolaborasi dalam memenuhi lima layanan utama PAUD HI,” jelasnya.

Meski secara formal baru diprogramkan, Layanan PAUD HI sebenarnya sudah mulai diterapkan di beberapa lembaga PAUD. Pihaknya juga ke depan berharap 580an PAUD di Batang dapat menerapkan program PAUD HI ini.

“Kami Disidikbud Batang bersama Pemkab Batang serius dalam mendukung program PAUD HI. Pemkab pun sedang menyiapkan perbup terkait PAUD HI ini, sehingga nantinya bisa lebih dipahami oleh beberapa stakeholder dan instansi terkait,” pungkasnya. (nov)