Kemenag-Disdukcapil akan Kerjasama terkait Dokumen Pasutri Baru

oleh -
KUNJUNGAN - Kepala Kankemenag Kota Pekalongan H Kasiman Mahmud Desky di ruang kerjanya menerima kunjungan Kepala Disdukcapil Slamet Hariadi dan jajarannya, untuk membahas draft kerjasama.

KOTA – Bagi pasangan suami istri (pasutri) yang telah melangsungkan pernikahan dan mendapatkan Buku Nikah dari KUA Kecamatan se-Kota Pekalongan, ke depannya akan langsung mendapatkan dokumen kependudukan yang baru dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekalongan.

Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Kota Pekalongan H Kasiman Mahmud Desky, usai menerima rombongan dari Disdukcapil Kota Pekalongan yang berkunjung ke Kankemenag, Jumat (2/9/2022), dipimpin Kepala Disdukcapil Slamet Hariadi.

Dalam kunjungan tersebut, Slamet Hariadi menyampaikan maksud kedatangan terkait rencana pembahasan draft kerjasama penerbitan dokumen kependudukan bagi penduduk Kota Pekalongan yang telah melangsungkan pernikahan dan mendapatkan Buku Nikah dari KUA Kecamatan se-Kota Pekalongan.

Dijelaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, H Kasiman Mahmud Desky, draft kerjasama tersebut merupakan merupakan inovasi Kemenag Kota Pekalongan. Tujuannya untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat terkait dokumen kependudukan bagi pengantin yang baru melaksanakan akad nikah. Mereka akan memperoleh dokumen dengan status pernikahan terbarunya.

“Melalui rencana kerjasama ini nantinya Kemenag Kota Pekalongan dan Disdukcapil akan menerbitkan dokumen baru yang harapannya dapat membantu pasutri yang telah menikah,” tutur Kasiman.

“Jadi setelah melaksanakan akad nikah pasangan suami istri akan mendapatkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga dengan status sebagai suami istri,” jelasnya lebih lanjut.