Lapangan Usaha Konstruksi jadi Penyokong Terbesar

oleh -
INDIKATOR MAKRO - Ketua Tim Analisis BPS Batang, Sri Winarsih saat menunjukkan data perkembangan indikator makro ekonomi daerah kepada Radar, Senin (5/9/2022).

*Ekonomi Batang Tumbuh 4,88 Persen

BATANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batang mencatat pertumbuhan ekonomi di daerah itu tumbuh 4,8 persen saat pandemi Covid-19 mulai melandai. Lapangan usaha konstruksi memberi kontribusi terbesar terhadap ekonomi yang kembali bertumbuh tersebut.

Ketua Tim Analisis BPS Batang, Sri Winarsih mengatakan, bahwa pasca pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi di daerahnya pada 2021 ini berada di angka 4,88 persen.

“Pertumbuhan ekonomi 2021 berbeda dengan kondisi 2020, yang mengalami kontraksi sebesar-1,29 persen,” ungkap Sri Winarsih, Senin (5/9/2022).

Dilihat dari kontribusi, laju pertumbuhan terbesar disokong oleh sektor lapangan usaha konstruksi yaitu sebesar 35,78 persen. “Hampir semua lapangan usaha mencatat pertumbuhan positif. Namun tertinggi dicapai sektor konstruksi, yaitu 35,78 persen. Hal ini tak dipungkiri karena keberadaan KIT Batang,” katanya.

Selain konstruksi, lapangan usaha lainnya yang juga tumbuh signifikan lebih dari 5 persen, yakni pengadaan listrik dan gas, yang tumbuh signifikan sebesar 9,89 persen.

Kemudian, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor tumbuh sebesar 5,95 persen. Pertambangan dan penggalian tumbuh 5,83 persen, serta penyediaan akomodasi dan makan minum tumbuh 5,31 persen.