Digelar, Yudisium Dan Workshop Bimbingan Karir Bagi Mahasiswa Prodi Sarjana Farmasi Fakultas Kesehatan UMPP

oleh -
Digelar Yudisium Dan Workshop bimbingan karir bagi mahasiswa Prodi Sarjana Farmasi Fakultas Kesehatan UMPP yang berlangsung di Gedung Rektorat UMPP, Senin 5/9/2022. DWI FUSTI HANA PERTIWI

PEKALONGAN – Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) mengadakan Yudisium dan Workshop Bimbingan Karir yang berlangsung di Gedung Rektorat UMPP, Senin 5/9/2022.

Dalam acara tersebut bertindak sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Pekalongan apt. Moch. Ruslin Effendi, S.Farm, Ahli Media Farmasi Ketua PC PAFI kabupaten Pekalongan, Syarifah Arini, Pemilik Sarana Apotik Kian Sehat, apt. Rizkyana Efendi, S.Farm, sambutan Kaprodi Sarjana Farmasi, Wirasti, S.Farm., M.Sc., Apt , serta apt. Dwi Bagus Pambudi, M.Farm., M.H (Kes) sebagai Moderator.

Workshop bimbingan karir dan pelatihan soft skill ini memiliki tujuan untuk memberikan bekal kepada para lulusan agar siap dalam dunia kerja. Lewat kegiatan ini juga sebagai sarana mempersiapkan pendidikan lanjutan yakni pendidikan profesi Apoteker.

“Lewat soft skill ini nanti akan diberikan pengetahuan dan ketrampilan diluar pendidikan yang sudah ditempuh selama empat tahun terakhir. Semoga lulusan nanti lebih siap untuk bersaing di dunia kerja maupun jenjang pendidikan lanjutan,” ungkap Wirasti, Senin (5/9/2022).

Wirasti juga berpesan kepada para lulusan mahasiswa nya untuk terapkan ilmu selalu bertawakal kepada Allah dan berusaha agar kemampuannya selalu menjadi lebih baik dari pada sekarang.

“Sebagai alumni bagian dari perjalanan kemajuan Prodi maka kami menghimbau Alumni itu selalu dekat dengan prodi karena dukungan para alumni menjadi salah satu kemajuan dari Prodi. Dan tentu ucapan selamat dan sukses siap terjun di masyarakat dan siap bersaing di profesi Apoteker,” lanjutnya.

Kegiatan Yudisium sekaligus Workshop kali ini digelar selama tiga hari yakni Senin, 5/9/2022 hingga Rabu (7/9/2022).

“Kegiatan berlangsung tiga hari, mulai hari pertama Senin (5/9/2022) upacara Yudisium dan sarasehan, kedua Workshop dan pelatihan bimbingan karir dan hari ketiga ujian CBT dan OSCE. Semoga kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan apa yang disampaikan hari ini bisa bermanfaat untuk mereka kedepan khususnya untuk dunia kerja,” Ungkap ketua panitia tersebut, apt. Siti Rahmatullah, S.Farm., M.Sc.

Untuk kegiatan Yudisium periode tahun 2021-2022 Program Studi Farmasi Fakultas Kesehatan UMPP, meluluskan sebanyak 69 Mahasiswa. Yang mana terdiri dari 61 mahasiswa dari angkatan tahun 2018, 1 mahasiswa angkatan 2017, 2 mahasiswa
angkatan 2016 serta 5 mahasiswa dari angkatan 2015.

Dengan predikat kelulusan 26 mahasiswa dengan predikat Pujian, 37 mahasiswa dengan predikat sangat memuaskan, 4 mahasiswa dengan predikat memuaskan dan 1 mahasiswa dengan predikat tanpa predikat.

Rasa bangga dan bersyukur juga diungkapkan salah satu lulusan terbaik mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kesehatan UMPP tahun angkatan 2018, M. Bachtiar Al Farisi.

“Dengan adanya kegiatan ini sangat membantu kami sebagai lulusan untuk dapat merefresh kembali materi yang telah diajarkan dan mempersiapkan kami lebih matang di dunia kerja. Bahkan lebih profesional nanti,” kata Faris sapaan akrabnya.

Berawal dari kesukaan dia belajar matematika dan sains akhirnya empat tahun kuliah di Prodi Farmasi berhasil ia raih. Kedepan dia berkeinginan ingin bekerja ditempat asal nya saat ini yakni Kota Palembang. Dan bahkan tidak menutup kemungkinan ingin kembali melanjutkan pendidikan di jalur Apoteker di sana.

“Ucapan terimakasih tulus kami kepada seluruh pihak yang telah membantu kami. Baik Kaprodi, ataupun para dosen. Dan semoga kedepan prodi Farmasi yang sedang proses Akreditasi bisa segera dapat Akreditasi dan untuk UMPP smeoga selalu jaya,” tandasnya. (ap3)