Pelajar Dikenalkan Kearifan Lokal lewat Lomba Bercerita

by -
BERCERITA - Lomba Bercerita yang digelar Disperpuska Batang dalam Pekan Raya Batang, Sabtu (3/9/2022).

BATANG – Tak hanya pameran buku, Pekan Raya Batang (PRB) juga jadi wadah Disperpuska Batang mengembangkan potensi pelajar. Salah satunya dengan menggelar Lomba Bercerita, Sabtu (3/9/2022). Dengan mengangkat cerita rakyat lokal, pelajar Batang dikenalkan budaya dan kearifan lokal Batang dan Jawa Tengah.

Kegiatan lomba ini merupakan upaya untuk tetap menjaga kearifan lokal dan melestarikan budaya melalui cerita-cerita rakyat agar tidak tertelan zaman.

“Lomba bercerita ini dengan tema yang diberikan yaitu kekhasan budaya lokal Kabupaten Batang atau daerah di Jawa Tengah. Hal tersebut untuk mendukung agar budaya lokal tetap berkembang di tengah-tengah masyarakat karena tidak dipungkiri kemajuan informasi teknologi juga berdampak prilaku dan budaya masyarakat,” tutur Kepala Disperpuska, Rakhmat N Fadilah saat diwawancarai, Sabtu (3/9/2022).

Kepala Bidang Perpustakaan Disperpuska Batang, Satriyo Rah Wicaksono menambahkan, lomba bercerita ini diikuti 13 peserta yang mewakili kecamatan masing-masing.

“Dalam membawakan ceritanya tadi para peserta sudah cukup baik dan memiliki semangat tinggi dalam penyampaian cerita yang dibawakan, ini membuktikan anak-anak khususnya di Kabupaten Batang mencintai cerita-cerita sejarah lokal atau cerita rakyat,” terangnya.